Prianingrum, Elda Yunika (2023) Pengaruh self control terhadap impulsive buying pada mahasiswa psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
19410086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Impulsive buying merupakan tingkah laku membeli suatu produk secara tiba-tiba, tidak rasional, disertai dengan konflik pemikiran dan adanya dorongan emosi. Dorongan emosional ini muncul dengan adanya perasaan yang kuat dengan ditunjukkan oleh perasaan yang terus-menerus mendorong untuk melakukan pembelian suatu produk, mengindahkan dampak negatif, merasakan kepuasan, dan menemui konflik dalam pikirannya. Hal tersebut dikarenakan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi impulsive buying, salah satunya adalah kepribadian individu sendiri atau faktor internal individu yaitu kurangnya pengendalian diri (self control) dalam diri. Self control yaitu keahlian individu dalam mengubah reaksi seseorang dan membatasi kecenderungan tingkah laku yang tidak dikehendaki serta melawan diri dari perilaku tidak dikehendaki tersebut. Adapun penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui tingkat self control mahasiswa Psikologi UIN Malang, 2) untuk mengetahui tingkat impulsive buying mahasiswa Psikologi UIN Malang 3) untuk mengetahui pengaruh self control terhadap impulsive buying pada mahasiswa Psikologi UIN Malang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 190 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala self control dan skala impulsive buying. Analisa data penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Untuk reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan teknik alpha dari Cronbach. Hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan koefisien correlation product moment dari Pearson, dengan bantuan SPSS 25.0 for Windows. Nilai validitas pada skala self control berkisar antara 0,217-0,684 dan reliabilitas sebesar 0,863. Sedangkan nilai validitas pada skala impulsive buying berkisar antara 0,172-0,721 dan reliabilitas sebesar 0,771.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa self control pada mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dari sampel 190 responden memiliki tingkat self control kategori tinggi sebanyak 35 responden dengan persentase 18,4%, kategori sedang sebanyak 128 responden dengan persentase 67,4%, dan kategori rendah sebanyak 27 responden dengan persentase14,2%. Sedangkan pada tingkat perilaku impulsive buying mahasiswa Psikologi dengan kategori tinggi sebanyak 35 responden dengan persentase 18,4%, kategori sedang sebanyak 129 responden dengan persentase 67,9%, dan kategori rendah sebanyak 26 responden dengan persentase 13,7%. Terdapat pengaruh self control pada impulsive buying yaitu sebesar -0,321 dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga hipotesis dalam penelitian dapat diterima. Sedangkan untuk nilai koefisien determinasi atau (R square) adalah 0,200 atau 20% artinya pengaruh self control terhadap impulsive buying hanya berkontribusi sebesar 20% yang berarti 80% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
ENGLISH:
Impulsive buying is the behavior of buying a product suddenly, irrationally, accompanied by conflicting thoughts and emotional impulses. This emotional urge arises with a strong feeling indicated by a feeling that constantly encourages to buy a product, heed negative impacts, feel satisfied, and encounter conflicts in his mind. This is because there are factors that influence impulsive buying, one of which is the individual's own personality or individual internal factors, namely the lack of self-control. Self control, namely individual expertise in changing one's reactions and limiting unwanted behavioral tendencies and fighting oneself against unwanted behavior. This study aims 1) to determine the level of self-control of Psychology students at UIN Malang, 2) to determine the level of impulsive buying of Psychology students at UIN Malang 3) to determine the effect of self-control on impulsive buying on Psychology students at UIN Malang.
This research uses quantitative methods. The subjects of this study were
190 students who were selected using a random sampling technique. The measuring instrument used is the self-control scale and the impulsive buying scale. The data analysis in this study is a simple linear regression analysis. The reliability of the instrument was tested using the alpha technique from Cronbach. The research results were then processed using the product moment correlation coefficient from Pearson, with the help of SPSS 25.0 for Windows. The validity value on the self-control scale ranges from 0.217 to 0.684 and the reliability is 0.863. While the validity value on the impulsive buying scale ranges from 0.172 to 0.721 and the reliability is 0.771.
The results showed that self-control in Psychology students at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang from a sample of 190 respondents had a high level of self-control of 35 respondents with a percentage of 18.4%, a medium category of 128 respondents with a percentage of 67.4%, and a low category of 27 respondents with a percentage of 14.2%. While at the level of impulsive buying behavior of Psychology students in the high category there were 35 respondents with a percentage of 18.4%, in the medium category there were 129 respondents with a percentage of 67.9%, and in the low category there were 26 respondents with a percentage of 13.7%. There is a self-control effect on impulsive buying that is equal to -0.321 with a significance value of 0.000 so that the hypothesis in this study can be accepted. As for the value of the coefficient of determination or (R square) is 0.200 or 20%, meaning that the influence of self-control on impulsive buying only contributes 20%, which means that the remaining 80% is influenced by other variables not examined in this study.
ARABIC:
اىششاء االّذفبػٜ ٕ٘ سي٘ك ششاء ٍْزج ثشنو ٍفبجئ ٗغٞش ػقالّٜ ٍصح٘ثًب ثأفنبس ٍزضبسثخ
ٗدٗافغ ػبطفٞخ. ْٝشأ ٕزا اإلىحبح اىؼبطفٜ ٍغ شؼ٘س قٛ٘ ٝشٞش إىٔٞ اىشؼ٘س اىزٛ ٝشجغ ثبسزَشاس ػيٚ
ششاء ٍْزج ، ٗاالّزجبٓ إىٚ اٟثبس اىسيجٞخ ، ٗاىشؼ٘س ثبىشضب ، ٍ٘ٗاجٖخ اىصشاػبد فٜ ر.ْٕٔ ٕزا ثسجت
ٗج٘د ػ٘اٍو رؤثش ػيٚ اىششاء االّذفبػٜ ، أحذٕب شخصٞخ اىفشد أٗ اىؼ٘اٍو اىذاخيٞخ اىفشدٝخ ، ٜٕٗ
ػذً ضجظ اىْفس. ضجظ اىْفس ، أٛ اىخجشح اىفشدٝخ فٜ رغٞٞش سدٗد أفؼبه اىفشد ٗاىحذ ٍِ اىَ٘ٞه
اىسي٘مٞخ غٞش اىَشغ٘ة فٖٞب ٍٗحبسثخ اىْفس ضذ اىسي٘ك غٞش اىَشغ٘ة ف.ٔٞ رٖذف ٕزٓ اىذساسخ إىٚ
1( رحذٝذ ٍسزٙ٘ ضجظ اىْفس ىطالة ػيٌ اىْفس فجبٍؼخ ٗالٝخ ٍبالّج اإلسالٍٞخٛ 0 (ىزحذٝذ ٍسزٙ٘
اىششاء االّذفبػٜ ىطالة ػيٌ اىْفس فجبٍؼخ ٗالٝخ ٍبالّج اإلسالٍٞخٛ 2 (ىزحذٝذ رأثٞش ضجظ اىْفس ػيٚ
اىششاء االّذفبػٜ ػيٚ ػيٌ اىْفس اىطالة فجبٍؼخ ٗالٝخ ٍبالّج اإلسالٍٞخ
ٝسزخذً ٕزا اىجحث األسبىٞت اىنَٞخ. اشزَو ٍ٘ض٘ع ٕزٓ اىذساسخ ػيٚ 192 طبىجًب رٌ اخزٞبسٌٕ
ثبسزخذاً أسي٘ة أخز اىؼْٞبد اىؼش٘ائ.ٜ أداح اىقٞبس اىَسزخذٍخ ٜٕ ٍقٞبس اىزحنٌ اىزارٜ ٍٗقٞبس اىششاء
اىَْذفغ. رحيٞو اىجٞبّبد اىَسزخذً فٜ ٕزٓ اىذساسخ ٕ٘ رحيٞو اّحذاس خطٜ ثسٞظ. رٌ اخزجبس ٍ٘ث٘قٞخ
األداح ثبسزخذاً رقْٞخ أىف ٍِ مشّٗجبخ. ثٌ رَذ ٍؼبىجخ ّزبئج اىجحث ثبسزخذاً ٍؼبٍو االسرجبط اىيحظٜ
ىيَْزج ٍِ Pearson ، ثَسبػذح SPSS 0..2 ىْظبً اىزشغٞو .Windows رزشاٗح قَٞخ اىصالحٞخ ػيٚ
ٍقٞبس ضجظ اىْفس ٍِ 2.010 إىٚ 2.6.0 ٗاىَ٘ث٘قٞخ .2..62 ثَْٞب رزشاٗح قَٞخ اىصالحٞخ ػيٚ
ٍقٞبس اىششاء االّذفبػٜ ٍِ 2.100 إىٚ 2.001 ٗاىثقخ .
أظٖشد اىْزبئج أُ ضجظ اىْفس ىذٙ طالة ػيٌ اىْفس فٜ جبٍؼخ ىْذُ ٍ٘الّب ٍبىل إثشإٌٞ
ٍبالّج ٍِ ػْٞخ ٍنّ٘خ ٍِ 192 ٍسزجٞجًب ٝزَزؼُ٘ ثَسزٙ٘ ػب ٍه ٍِ ضجظ اىْفس ٍِ 2. ٍسزجٞجًب ثْسجخ
٪1..0 ، ٜٕٗ فئخ ٍز٘سطخ ٍِ 10. ٍسزجٞجًب ثْسجخ ٍئٝ٘خ. ٪60.0 ٗفئخ ٍْخفضخ 00 ٍسزجٞجخ ثْسجخ
.٪10.0 ثَْٞب ػيٚ ٍسزٙ٘ سي٘ك اىششاء االّذفبػٜ ىطيجخ ػيٌ اىْفس فٜ اىفئخ اىَشرفؼخ مبُ ْٕبك 2.
ٍشبس ًمب ثْسجخ ٪1..0 ، ٗفٜ اىفئخ اىَز٘سطخ 109 ٍشبس ًمب ثْسجخ ٪60.9 ، ٗفٜ اىفئخ اىَْخفضخ 06
ٍشبس ًمب. ثْسجخ .٪12.0 ْٕبك رأثٞش ضجظ اىْفس ػيٚ االّذفبع فٜ اىششاء ٝسبٛٗ 2.201- ثقَٞخ دالىخ
2.222 ثحٞث َٝنِ قج٘ه اىفشضٞخ فٜ ٕزٓ اىذساسخ. أٍب ثبىْسجخ ىقَٞخ ٍؼبٍو اىزحذٝذ أٗ (square R(
فٜٖ 2.022 أٗ ٪02 ، أٛ أُ رأثٞش ضجظ اىْفس ػيٚ اىششاء االّذفبػٜ ٝسبٌٕ ثْسجخ ٪02 فقظ ، أٛ أُ
اىـ ٪.2 اىَزجقٞخ رزأثش ثَزغٞشاد أخشٙ ىٌ ٝزٌ فحصٖب. فٜ ٕزٓ اىذساسخ
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Jamaluddin, Muhammad |
Keywords: | self control; impulsive buying; self control; impulsive buying; ضبط النفس; الشراء المندفع |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Elda Yunika Prianingrum |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 09:21 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 09:21 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54309 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |