Ula, Rodiyatul (2016) Konsep pendidikan Akhlaq yang terkandung dalam QS. Al-Fatihah dan relevansinya bagi anak usia Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14760044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur’an merupakan sumber ilmu pengetahuan. Di dalamnya menjelaskan berbagai aspek kehidupan termasuk mengenai pendidikan akhlaq. Setiap ayat Al-Qur’an memiliki nilai dan materi yang besar. Nilai-nilai yang terkandung adalah sebagai pembelajaran bagi pendidik untuk membelajarkan akhlaq bagi anak didiknya.
Penelitian ini difokuskan untuk menggali nilai, materi, dan metode pendidikan akhlaq yang terdapat dalam QS. Al-Fatihah pada anak usia MI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan karena penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Sumber primer penelitian ini adalah QS. Al-Fatihah yang ditujukan untuk menggali nilai,materi, dan metodenya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis hermeneutika dimana teks QS. Al-Fatihah dicari makna penafsirannya sehingga menemukan nilai, materi, dan metode serta relevansinya untuk anak usia MI.
Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa nilai akhlaq yang terdapat dalam QS. Al-Fatihah ada dua, yakni nilai rabbaniyah dan nilai insaniyah. Nilai rabbaniyah yang ditemukan dalam QS. Al-Fatihah diantaranya adalah nilai Tauhid, Iman, Ihsan, Syukur, Tawakkal, Ikhlas, Istiqamah, Taqwa, dan Dzikir. Nilai insaniyah yang dapat ditemukan dalam QS. Al-Fatihah diantaranya adalah Ukhuwah Islamiyah, Kasih Sayang, Jujur, Adil, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Peduli, Pemaaf, dan Kerja Keras. Materi pada QS. Al-Fatihah adalah Cinta kepada Allah, Cinta kepada Sesama, Tata Cara Ibadah, Sifat-Sifat Allah, dan Sifat Orang-Orang Baik dan Buruk. Sedangkan metode yang ditemukan pada QS. Al-Fatihah adalah Metode Penanaman Akhlaq dengan Pengulangan, Metode Penanaman Akhlaq dengan Reward and Punishment, Metode Penanaman Akhlaq dengan Lemah Lembut/Kasih Sayang, dan Metode Penanaman Akhlaq dengan Kisah.
ABSTRACT
Al-Qur’an is the first source of knowledge. Al-Qur’an is describe all about of life of course about akhlaq. Every ayat in Al-Qur’an have big value and matter. The value and the matter is for internalize akhlaq to the student.
The purpose of this study is to describe and analyze the character value of elementary school student in the QS. Al-Fatihah, the material character of elementary school student. QS. Al-Fatihah, and methods of character education of elementary school student in QS. Al Fatihah.
This study is a research library that used descriptive qualitative approach because this research produces descriptive data in the form of written words. Source of this research is QS. Al Fatihah.
The results of the research contained in the character value QS. Al-Fatihah is a value, materials, and methods. The character value is two, rabbaniyah value and the insaniyah value. Rabbaniyah value found in QS. Al-Fatihah which are values of Tauhid, Iman, Ihsan, Syukur, Tawakkal, Ikhlas, Istiqamah, Taqwa, and Dzikir. Insaniyah character value that can be found in the QS. Al-Fatihah which are Ukhuwah Islamiyah, Love, Honest, Fair, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Caring, Forgiving, and Hard Work. The material in the QS. Al-Fatihah is the Love to God, Love to Human, the Way of Pray, the Characteristic of Allah, and the Nature of Good People and Bad. While the method found in QS. Al-Fatihah is Internalization Akhlaq Method with Repetition, Internalization Akhlaq Method with Reward And Punishment, Internalization Akhlaq Method with Love, and Internalization Akhlaq Method with Story.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Abidin, Munirul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Akhlaq; Qs. Al-Fatihah; Islamic Elementary School Student; Anak Usia Mi | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | |||||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:43 | |||||||||
Last Modified: | 15 May 2023 15:25 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5021 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |