Konsep pendidikan karakter anak usia Madrasah Ibtidaiyah dalam tafsir Fî Zhilâlil Qur`An karya Sayyid Quthb: Analisis kandungan QS. Al-An’am ayat 151-153 dan QS. Luqman ayat 12-19

Anam, Choirul (2016) Konsep pendidikan karakter anak usia Madrasah Ibtidaiyah dalam tafsir Fî Zhilâlil Qur`An karya Sayyid Quthb: Analisis kandungan QS. Al-An’am ayat 151-153 dan QS. Luqman ayat 12-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14760012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Banyak perilaku pelajar yang mencerminkan krisis karakter bangsa Indonesia. Tawuran pelajar, pembunuhan, mencontek, pemukulan kepada teman, perilaku seks bebas. Islam selalu memiliki jawaban dari segala persoalan umat. Al-Qur’an adalah sumber dari segala sumber hukum akan memberi jawabannya.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis materi, tujuan, dan metode pendidikan karakter yang dapat ditanamkan kepada anak usia MI yang terdapat dalam tafsir Fî Zhilâlil Qur`an karya Sayyid Quthb dalam QS. Al-An’am ayat 151-153 dan QS. Luqman ayat 12-19 sesuai ajaran Islam.

Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan sehingga menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Sumber penelitian ini adalah tafsir Fî Zhilâlil Qur`an karya Sayyid Quthb khususnya QS. Al-An’am ayat 151-153 dan QS. Luqman ayat 12-19.

Hasil penelitian materi karakter yang terdapat dalam QS. Al-An’am adalah Religius (Tauhid, Cinta kepada Kedua Orang Tua), Peduli Sosial (Zakat, Memelihara Anak Yatim), dan Jujur (Jujur dalam Perniagaan, Jujur dan Adil kepada Kerabat). Sedangkan materi pendidikan karakter yang terdapat dalam QS. Luqman adalah Religius (Tauhid, Syukur, Mendirikan Shalat, Cinta Kepada Orang Tua), Toleransi, Cinta Damai, dan Rasa Ingin Tahu. Tujuan yang terdapat dalam QS. Al-An’am adalah Agar Manusia Tidak Menyekutukan Allah, Agar Seorang Anak Mencintai Orang Tuanya, Agar Manusia Menjaga Hubungan dengan Sesama, Agar Manusia Bisa Membedakan antara yang Halal dan Haram, dan Agar Manusia Memelihara Anak Yatim. Sedangkan tujuan yang terdapat dalam QS. Luqman adalah Agar Manusia tidak Menyekutukan Allah, Agar Manusia Bersyukur, Agar Manusia Mendirikan Shalat, Agar Seorang Anak Berbakti kepada Kedua Orang Tuanya, Agar Manusia Mengamalkan Ilmunya, dan Agar Manusia tidak Sombong. Metode yang terdapat dalam QS. Al-An’am adalah metode Pendidikan Karakter dengan Keteladanan, Menjaga Ukhuwah Islamiyah, Reward and Punishment, Pengulangan, dan Bersikap Adil. Sedangkan metode yang terdapat dalam QS. Luqman adalah Metode Penanaman Karakter dengan Keteladanan, Pengulangan, dan Kasih Sayang/Lemah Lembut.

ENGLISH:

Many student behavior that reflects the character of the depravity of the nation today. Student brawls, murder, cheating, beating to friends, free sex. Islam always has the answer to all the problems of the people. The Qur'an is the source of all sources of law will give the answer.

The purpose of this study is to describe and analyze the material, goals, and methods of character education can be imparted to elementary school children contained in the interpretation Fî Zhilâlil Qur`an in QS. Al-An'am 151-153 and QS. Luqman 12-19 according to the teachings of Islam.

This study is a library research that used descriptive qualitative approach because this research produces descriptive data in the form of written words.

The result of this research is materials in the QS. Al-An'am is religious (tauhid, love to parents, social care (zakat, love the orphans), and trust (in selling process and to their family). In QS. Luqman is religious (tauhid, thanks to allah, and love to their parents). The objectives in QS. Al-An'am to be human is not associating partners with Allah, the order children love their parents, To keep relationships with other humans, to distinguish between lawful and unlawful, and the order for people to preserve orphans. In QS. Luqman is human order is not associating partners with Allah, their knowledge of human order, and not overbearing. The methods in QS. Al-An'am are Exemplary, Keeping ukhuwah Islamiyah, Reward and Punishment, Repeatition, duty assignment and Being fair. In QS. Luqman are Exemplary, Repetition Method, and patience or love.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muhammad, Suaib H. and Rofiq, Aunur
Keywords: Pendidikan Karakter; Anak Usia MI; Tafsir Fî Zhilâlil Qur`an; QS. Al-An’am 151-153 dan QS. Luqman ayat 12-19; Character Education; Elementary School Student; Fî Zhilâlil Qur`an Tafsir; QS. Al-An'am 151-153 and QS. Luqman 12-19
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:49
Last Modified: 06 Dec 2016 10:49
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4984

Actions (login required)

View Item View Item