Hasan, Fuad (2015) إدارة التربية المعهدية في ترقية روحية الطلاب الحفاظ القران الكريم بمعهد الأذكياء نور الصفا كاراغ بيسوكي مالانق. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
1111021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pondok pesantren mempunyai peranan besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan islam. untuk mencetak generasi penerus yang cerdas dan berakhlak mulia berhati qur’ani, untuk mencapai semua itu perlu adanya manajemen pendidikan di pondok pesantren, karena manajemen pendidikan itu sendiri adalah seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidikan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara. Disisi lain pondok pesantren juga tempat untuk meningkatkan spiritualitas para santri melalui beberapa kegiatan-kegiatan yang terdapat di dalam pondok pesantren.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Sedangkan yang menjadi sumber data adalah pengasuh pondok pesantren, kepala pondok, dewan asatidz, alumni dan beberapa santri. Metode pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumetasi. Sedangkan data mentah yang diperoleh, dianalisis lalu dilakukan pengecekan keabsahan data. Tekhnik analisis datanya adalah pengolahan, klasifikasi atau pengorganisasian data, dan penarikan kesimpulan atau temuan, proses pengecekan data dengan menggunakan triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Dengan demikian dapat diperoleh data valid. Adapun permasalahan yang akan di bahas dalam penelitian ini adalah mengenai bagaimana manajemen pendidikan di pondok pesantren al-adzkiya nurussofa karang besuki Malang, dan bagaimana cara meningkatkan spiritualitas mahasiswa pengahfal al-qur’an di pondok pesantren al-adzkiya nurusshofa karangbesuki Malang.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah manajemen pendidikan pondok pesantren yang meliputi sistem pembelajaran, metode pegajaran, kepemimpinan pengasuh pondok pesantren dan juga beberapa kegiatan yang meningkatkan spiritualitas mahasiswa pengahafal al-qur’an harus ada singkronisasi dengan baik agar bisa berjalan dengan baik dan agar tercapainya visi dan misi apa yang di cita-citakan oleh pondok pesantren ini.
ENGLISH:
Boarding school has a big role in the world of education, especially in Islamic education. Creating next generation students which are intelligent and have good attitude, need management of education in those boarding schools. Management of education itself is the art and science of managing the source of education that proposed to create a good atmosphere and being actively in learning process in order to develop the potential which has the spiritual power of religious, self control, personality, good behavior, and skill that required, in the society of nation and country. On the other side, Boarding school is a place to improve spirituality of the student trough several activities on that boarding school.
The problems will discuss on this research is about how is management of education made and how to improve student spirituality of memorizing al-qur’an in the Adzkiya Nurrusshofa boarding school of Karang besuki- Malang. This research uses qualitative approach which applied qualitative descriptive. While, source data that used in this research is head of Boarding School, teachers, alumnus, and some of students. The data collection is obtained by observation, interviews and documentation. While the real data will be analyzed then the validity of data will be checked by the researcher. Analysis technique of the data is processing, classification or organizing data, withdrawal of conclusion or findings, checking data by using triangulation and material reference. Thus it can be obtained the valid of data.
The results of this research include education management of boarding school which includes learning system, teaching method, leadership of nurse and also kinds of activities to increase student spirituality in memorizing al-quran. Those kinds of elements must be consolidated well in order to achieve the vision and mission that is aspired by boarding school itself.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajamen pesantren; Spiritualitas; Educational management; spirituality; إدارة المعهدية : روحانية | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:48 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4972 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |