فعالية استخدام فيلم كرتون عربي لترقية مهارة الاستماع : بحث التجريبي في المدرسة الثانوية نور الجديد بوندووصا

Efriyanti, Mery (2016) فعالية استخدام فيلم كرتون عربي لترقية مهارة الاستماع : بحث التجريبي في المدرسة الثانوية نور الجديد بوندووصا. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12150082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Mempelajari Bahasa Arab khususnya dimulai dengan pengajaran keterampilan menyimak/mendengar, keterampilan mendengar merupakan keterampilan yang penting untuk mencapai kemahiran-kemahiran keterampilan bahasa lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya sebagai guru bahasa harus peduli dengan keterampilan ini. Dalam mempelajari keterampilan berbahasa, diperlukan berbagai variasi media untuk meningkatkan minat belajar siswa dan mengurangi rasa bosan siswa dalam belajar. Oleh sebab itu, peneliti melaksanakan penelitian dengan menggunakan media film kartun arab untuk meningkatkan keterampilan mendengar, dan menjadikan proses pembelajaran bahasa arab yang mudah dan menyenangkan.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan film kartun arab untuk meningkatkan keterampilan mendengar di MA Nurul Jadid Bondowoso? 2) sejauh mana efektifitas penerapan film kartun arab untuk meningkatkan keterampilan mendengar di MA Nurul Jadid Bondowoso?

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Sedangkan instrument yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes berupa (pre-tes dan post-test) dan dokumentasi.

Sedangkan hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bahwasanya penerapan film kartun arab untuk meningkatkan keterampilan mendengar di MA Nurul Jadid Bondowoso adalah: pertama-tama peneliti beserta siswa menonton film kartun berbahasa arab, peneliti menyuruh siswa untuk menanyakan mufrodat yang susah atau yang belum mereka pahami kemudian peneliti menerangkan makna dari mufrodat yang susah yang ditanyakan oleh siswa. Setelah itu peneliti memberikan pertanyan secara lisan kepada murid terkait film kartun yang telah mereka tonton. Lalu peneliti membenarkan jawaban siswa yang salah. Kemudian peneliti menyuruh siswa secara bergantian untuk maju ke depan kelas untuk mengambil kesimpulan dan pelajaran atau hikmah yang bias diambil dari film kartun tersebut. 2) bahwasanya penggunaan film kartun arab untuk meningkatkan keterampilan mendengar efektif. Hasil hitungan t-test menunjukkan bahwa hasil t hitung adalah 7,57% lebih besar daripada t-tabel (table signifikasi) 1% = 2,39% dan 5% = 1,67% dengan demikian hasil t-test dapat diterima.

ENGLISH:

Learning any language started instruction of listening skill. Listening skill is an essential skill to achieve the other language skills. The Language teacher should concern about this skill. In learning language skill, teacher needs a variety of media to enhance student interest in learning and reduce student boredom in learning. Therefor, the researcher conduct this research Using Arabic Cartoon Film to Improve Listening Skill, and to make learning Arabic easy and fun.

The formulation’s problem of this research are: 1) How the Implementation of Arabic Cartoon Film to Improve Listening Skills in Islamic High School Nurul Jadid Bondowoso? 2) How far the effectiveness Implementation of Arabic Cartoon Film to Improve Listening Skills in Islamic High School Nurul Jadid Bondowoso?.

The research method used in this research are experimental research methods. And instrument used in data collection is: observation, interviews, test (pre-test and post-test) and documentation.

The results of this study indicate that: 1) the applications of Arabic Cartoon Film to Improve Listening Skills in Islamic High School Nurul Jadid Bondowoso is : Firstly, the researcher with all the student were watching the arabic cartoon film, then the researcher asked to the student to ask about the difficult vocabulary or other parts which still difficult to understand. Then, the researcher explained the meaning from the vocabularies that asked by the student. After that the researcher asked the question orally to the student related to the cartoon film that have been watched by them. Then, the researcher corrected the wrong answer from the student. After that, the researcher asked the student to come forward one by one to take and give the conclusion and the lesson from the cartoon film that could they take from it. 2) The applications of Arabic Cartoon Film is effective to Improve Listening Skills in Islamic High School Nurul Jadid Bondowoso. As well the result of t-test counth test showed that the count was 7,57 % t greater than t-table (table of significance) 1% = 2,39% and 5% = 1,67% so t-test results are acceptable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Jauhari, Qomi Akit
Keywords: مهارة الاستماع; فيلم كرتون عربي; Keterampilan Mendengar; Film Kartun Arab; Listening Skill; Arabic Cartoon Film
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:54
Last Modified: 06 Dec 2016 10:54
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4927

Actions (login required)

View Item View Item