إستراتيجيّة مدير المدرسة كمشرف في تحسين كفاءة معلمى اللغة العربية : بحث نوعي في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية كنيغارى كراس كيديري

Bisrul, Zubaidi (2016) إستراتيجيّة مدير المدرسة كمشرف في تحسين كفاءة معلمى اللغة العربية : بحث نوعي في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية كنيغارى كراس كيديري. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12150110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Mengelola dan mengembangkan madrasah untuk menjadi lebih maju dan berkembang adalah tanggungjawab seluruh warga madrasah terutama kepala madrasah sebagai supervisor. Tugas kepala madrasah sebagai supervisor adalah melakukan pembinaan dan pengembangan terhadap guru yang memegang peran utama dalam menentukan keberhasilan peserta didik terutama yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.

Berdasarkan observasi di lapangan, kepala madrasah memang benar-benar melaksanakan tugas supervisi dengan baik, terbukti dengan kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru Bahasa Arab yang bisa menciptakan siswa-siswi yang berkompeten. Berangkat dari latar belakang itulah penulis mendeskripsikan dalam skripsi dan mengambil judul “Upaya Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kras kediri”.

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi supervisi kepala madrasah, faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru Bahasa Arab di MTsN kanigoro kras kediri. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif, metode yang digunakan peneliti adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis datanya dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan data, sehingga dalam hal ini peneliti menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.

Sebagai kesimpulan dari penelitian tersebut, supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru Bahasa Arab di MTsN kanigoro kras kediri. sudah terlaksana dengan baik, kepala madrasah sudah melakukan tugasnya sebagai seorang supervisor. Objek supervisi kepala madrasah kanigoro yaitu meningkatkan kompetensi profesionalisme guru bahasa arab.

Strategi supervisi yang digunakan adalah strategi kolaborasi, yaitu menggabungkan strategi langsung dan strategi lanjutan. Dari strategi langsung kunjungan kelas yang kemudian dilanjutkan dengan strategi lanjutan yang melibatkan guru senior untuk menilai kualitas kompetensi profesional.

Faktor pendukung terlaksananya supervisi adalah terjalinnya silaturrahmi yang baik, komunikasi yang baik pada sietiap guru bahasa Arab baik ketika didalam madrasah maupun diluar madrasah, kesiapan mental guru dalam mengajar, tertibnya kondisi di dalam kelas ketika sedang berlangsung proses pembelajaran. Faktor penghambat terlaksananya supervisi adalah adanya kurangnya komunikasi antara guru bahasa arab, adanya rasa sungkan, mata pelajaran yang sulit dan sulitnya mengkondisikan saat berlangsungnya prosesi pembelajaran.

ENGLISH:

Managing and developing school in order to make it more qualified and developed are a responsibility of all madrasah elements, prominently the headmaster as a supervisor. A duty of the headmaster as the supervisor is to hold coaching and development program of teachers who have main role in determining the success of students, specifically it deals with the learning process.

Based on the observation, headmaster has conducted supervision well, it is proved by the professional competence of Arabic teachers who are able to create competent students. According to this reason, the researcher motivated to conduct this research that entitled “the headmaster strategy as a supervisor in increasing the professional competence of Arabic teachers in Kanigoro State Madrasah Tsanawiah (MTsN) of Kras, Kediri”.

This research aims to know the supervision strategy of headmaster, the supported and impeded factor of headmaster supervision implementation in increasing the professional competence of Arabic teachers in MTsN of Kanigoro, Kras, Kediri. It employed a qualitative approach and descriptive qualitative research, while the method in this research is observation, documentation and interview. The data analysis employed data reduction, data presentation, and verification or data inferring. Therefore, the researcher described holistically the true condition.

As a conclusion of the research, supervision duty of a headmaster in increasing the professional competence of Arabic teachers in MTsN Kanigoro, Kras, Kediri has been conducted well, the headmaster has done his duty as a supervisor. The supervision object of the headmaster is to increase the professional competence of Arabic teachers.

The supervision strategy which is implemented by the headmaster is collaboration strategy that combines direct and advanced strategy. The direct strategy is direct class visit that continued by the advanced strategy which involves senior teacher to evaluate the quality of professional competence.

The supported factor of supervision is the form of well relation and well communication among each Arabic teacher while they are inside or outside of school, mental readiness of teacher in teaching and conducive condition of learning process. The impeded factor of the supervision is the lack of communication among Arabic teachers, reluctance, difficult subjects, and difficulties in managing class condition of learning process.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Miftahul, Huda
Keywords: إستراتيجية مدير المدرسة كمشرف، كفاءة المعلم اللغة العربية; Strategi Kepala Madrasah Sebagai Supervisor; Kompetensi Profesionalisme Guru Bahasa Arab; Headmaster Strategy As a Supervisor; Professional Competence Of Arabic Teachers
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Roji
Date Deposited: 09 Sep 2016 09:04
Last Modified: 09 Sep 2016 09:04
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4849

Actions (login required)

View Item View Item