Responsive Banner

إدارة التعليم اللغة العربية على الأساس السياقي في مدرسة النور المتوسطة بولو لاوانق

Rikza, Muhammad Roihan (2015) إدارة التعليم اللغة العربية على الأساس السياقي في مدرسة النور المتوسطة بولو لاوانق. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10150054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran bahasa arab dengan pendekatan kontekstual di SMP An Nur Bululawang, dan juga untuk mengetahi faktor penunjang dan penghambat dalam berjalannya proses tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode deksriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif ini didapatkan gambaran fakta proses pelaksanaan manajemen pembelajaran bahasa arab dengan pendekatan kontekstual di SMP An Nur Bululawang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta mengambil kesimpulan dengan memferivikasi data yang lebih mendalam melalui telah hasil yang dikumpulkan.

Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran bahasa arab dengan pendekatan kontekstual di SMP An Nur Bululawang, sudah berjalan sebagaimana fungsi-fungsi manajemen itu sendiri yaitu: pertama, perencanaan pembelajaran, dalam hal ini berkaitan dengan pelaksanaan perencanaan pembelajaran seorang guru bahasa arab dengan mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kedua, pengorganisasian pembelajaran. Untuk pengorganisasian pembelajaran kurang begitu efektif karena pendekatan, strategi, metode, dan pengelolaan kelas belum berjalan maksimal sebagaimana yang dicanangkan dalam KTSP. Ketiga, pengarahan pembelajaran. Pengarahan yang dilakukan yaitu guru menjadikan dirinya sebagai fasilitator bagi siswanya, dan juga menjadikan dirinya sebagai motivator. Keempat, pengawasan pembelajaran. Pengawasan yang dimaksudkan dirini adalah pengawasan pembelaran yang dilakukan dengan melakukan sebuah penilaian.

ENGLISH:

This study aims to determine the management of Arabic language learning with a contextual approach in An-Nur Junior High School of Bululawang and to know the supporting and inhibiting factors of the process. This study uses descriptive qualitative approach. By using descriptive qualitative approach, the researcher found the description of the learning reality and the process of implementing a learning management Arabic with contextual approach in An-Nur Junior High School of Bululawang. In collection of the data, the researcher uses observation, interview, and documentation. Then, the researcher makes conclusions with verifying the data through the result of the data collection.

From the results of the study, showed that the learning management Arabic with contextual approach in An-Nur Junior High School of Bululawang it had been ran like the functions of management itself. First, the planning, in this case related to the implementation of the planning of learning Arabic teacher with reference to Education Unit Level Curriculum (SBC). Second, the organizing, for organizing learning is less effective because of the approach, strategies, methods, and class management do not run optimally, as mentioned in the SBC. Third, the briefing of learning, the meaning of the briefing is the teacher makes himself as a facilitator and motivator for their students. Fourth, instructional supervision, the supervision means the teacher give an assessment for their students.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hilmi, Danial
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDHilmi, DanialUNSPECIFIED
Keywords: إدارة، تعلم اللغة العربية، السياقي ; Manajemen; Pembelajaran Bahasa Arab; Kontekstual; Management; Learning Arabic; Contextual
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 08 Sep 2016 16:29
Last Modified: 09 Sep 2016 10:54
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4809

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item