Khasanah, Ika Uswatun (2016) Efektivitas penggunaan strategi active learning tipe listening team dalam pembelajaran maharaat istima': Penelitian eksperimen pada mahasiswa PPBA 2015/216. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12150004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) |
Abstract
INDONESIA:
Maharah istima’ merupakan ketrampilan dasar yang menjadi landasan untuk mempelajari ketrampilan bahasa yang lain, karena melalui ketrampilan ini para pelajar bahasa arab akan bisa berbicara, membaca,dan menulis. Oleh sebab itu maharah ini termasuk dalam ketrampilan yang sulit untuk mempelajarinya. Usaha yang dapat dilakukan pengajar adalah melalui penggunaan strategi yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi terbaru yang dapat menumbuhkan keaktifan mahasiswa adalah strategi Listening Team. Strategi ini merupakan kumpulan dari kelompok-kelompok kecil yang memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai tugasnya. Dan melalui pemberian tugas tersebut maka setiap dari mereka akan mendengarkan terlebih dahulu argumen dari kelompok lain agar kelompok mereka bisa juga mengungkapkan argumen.
Berdasarkan penelitian di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui implementasi strategi active learning tipe listening team dalam pembelajaran maharah istima’ pada mahasiswa kelas B-1 PPBA Uin Maulana Malik Ibrahim Malang (2) mengetahui efektivitas penggunaan strategi active learning tipe listening team dalam pembelajaran maharah istima’ pada mahasiswa kelas B-1 PPBA Uin Maulana Malik Ibrahim Malang . untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan jenis penelitian Eksperimen dengan pendekatan Kuantitatif. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi active learning tipe listening team dalam pembelajaran maharah istima’ efektif meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Peningkatan yang dimaksud ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata mahasiswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari hasil pretes 60,69 menjadi 76,13 pada hasil postest. Dan dari hasil uji-t yang diperoleh yakni 2,09 > H0 maka dapat disimpulkan bahwa strategi listening team efektif digunakan dalam pembelajaran maharah istima’ .
ENGLISH:
Listening competence 'is a basic skill that became the foundation to learn other language skills, because through these skills the students will be able to speak the arabic language, reading, and writing. Therefore this Maharah included in a difficult skill to learn. Efforts to do the teaching is through the use of creative and innovative strategies in the learning process. One of the latest strategies that can foster the activity of the students is the Listening Team strategy. This strategy is a collection of small groups who have the responsibility of each corresponding duties. And through the provision of the task, each of them will listen to the first argument of the other groups so that other groups also revealed argument.
Based on the research above, the purpose of this study was to: (1) knowing implementation strategy of active learning tipe listening team in learning listening competence student learning in class B-1 PPBA Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang (2) determine the effectiveness of the use of active learning strategies in the learning-type team listening Listening competence on the student class B-1 PPBA Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang. to achieve this goal, the researchers used a type of research experiments with quantitative approach. And data collection techniques used were observation, interviews and tests.
The results of the study refer to implementation strategy of active learning tipe listening team in learning listening competence effective increasing concept comperehension of student. This increasion marked with upgrading average value of student. A pretes value 60,69 to be 76,13 from posttest value. And test value was obtaining is 2,09 > H0 . so, can be inferensial about listening team strategy is effective used in listening lerning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubaligh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Maharah Istima’; Strategi Listening Team; Listening Competence Strategi Listening Team | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Ahmad Muhtar Nur Salam | ||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2016 16:09 | ||||||
Last Modified: | 08 Sep 2016 16:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4806 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |