Van Bee, Jeffa Lianto (2023) Berpikir komputasional siswa menengah atas pada pemecahan masalah Matematika ditinjau dari level Metakognisi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18811006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Berpikir komputasional adalah berpikir secara terstruktur berdasarkan logika dan bersifat algoritmik dalam memecahkan suatu masalah. Serupa dengan itu berpikir komputasional dianggap sebagai perangkat pemecahan masalah yang melampaui kelancaran teknologi informasi melalui prinsip-prinsip abstraksi, pemikiran algoritmik, dekomposisi, dan generalisasi pola. Berpikir komputasional erat kaitannya dengan pemecahan masalah. Bahkan menurut salah satu penelitian berpikir komputasional merupakan salah satu pendekatan yang dapat diterapkan dalam proses pemecahan masalah.
Selain berpikir komputasional, metakognisi juga menjadi peran utama pada saat proses pemecahan masalah. Metakognisi memiliki peran penting dalam menentukan pola berpikir peserta didik sehingga mampu memecahkan masalah. Tingaktan (level) metakognisi peserta didik diukur ketika memecahkan suatu masalah ditinjau dari pengetahuan yang telah dimiliki dan proses berpikir yang selama ini dijalani. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir komputasional siswa pada pemecahan masalah matematika ditinjau dari level metakognisi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, untuk mendeskripsikan dan melevelkan berpikir komputasional siswa melalui pemecahan masalah matematika ditinjau dari level metakognisi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang telah terbiasa dengan soal pemecahan masalah dan sudah menerima materi program linear. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil kerja tes pemecahan masalah matematika dengan think aloud dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dengan mengacu pada teori. Triangulasi yang dipakai yaitu triangulasi subjek yaitu berdasarkan subjek yang dipilih hingga jenuh.
ABSTRACT
Computational thinking is thinking in a structured manner based on logic and is algorithmic in solving a problem. Similarly, computational thinking is considered a problem-solving tool that goes beyond the fluency of information technology through the principles of abstraction, algorithmic thinking, decomposition, and generalization of patterns. Computational thinking is closely related to problem solving. In fact, according to one study, computational thinking is an approach that can be applied in the problem solving process. In addition to computational thinking, metacognition also plays a major role in the problem solving process. Metacognition has an important role in determining students' thinking patterns so that they are able to solve problems. The level of metacognition of students is measured when solving a problem in terms of the knowledge they already have and the thinking processes that have been carried out so far. So this study aims to describe the computational thinking process of students in solving mathematical problems in terms of metacognition level.
This research uses qualitative research with descriptive approach, to describe and level students' computational thinking through mathematical problem solving in terms of metacognition level.
The subjects in this study were students who were familiar with problem solving problems and had received linear programming material. The data used in this study are the results of mathematical problem solving tests with think aloud and semi-structured interviews. The data analysis technique is done by reducing the data, presenting the data, and drawing conclusions by referring to the theory. The triangulation used is subject triangulation, which is based on the selected subject until it is saturated.
مستخلص البحث
فتلا يباسحلا وھ ریكفتلا ةقیرطب ةمظنم دمتعت ىلع قطنملا يھو ةیمزراوخ يف لح ةلكشم ام . لثملابو ، ربتعی ریكفتلا يباسحلا ةادأ لحل تلاكشملا زواجتت ةقلاط ایجولونكت تامولعملا نم للاخ ئدابم دیرجتلا ریكفتلاو يباسحلا للحتلاو میمعتو طامنلأا . طبتری ریكفتلا يباسحلا طابترا اًقیثو اًلحب تلاكشملا . يف عقاولا ، قفو اًىدحلإ تاساردلا ، دعی ریكفتلا يباسحلا جھن اًنكمی ھقیبطت يف ةیلمع لح تلاكشملا .
ةفاضلإاب ىلإ ریكفتلا اسحلا يب ، بعلی ام ءارو ةفرعملا ضیأ اًرود اًیسیئر اًيف ةیلمع لح تلاكشملا . بعلی ام ءارو ةفرعملا رود اًمھم اًيف دیدحت طامنأ ریكفت بلاطلا ىتح اونكمت نم لح تلاكشملا .
متی سایق ىوتسم ام ءارو ةفرعملا ىدل بلاطلا دنع لح ةلكشم نم ثیح ةفرعملا يتلا مھیدل لعفلاب تایلمعو تلا ریكف يتلا مت اھذیفنت ىتح نلآا . كلذل فدھت هذھ ةساردلا ىلإ ةیلمع ریكفتلا يباسحلا بلاطلل يف لح تلاكشملا ةیضایرلا نم ثیح ىوتسم ام ءارو ةفرعملا . مدختسی اذھ ثحبلا ثحبلا يعونلا جھنملاب يفصولا ، فصول ىوتسم ریكفتلا يباسحلا ىدل بلاطلا نم للاخ لح تلاكشملا یضایرلا ة نم ثیح ىوتسم ام ءارو ةفرعملا . ناك نوكراشملا يف هذھ ةساردلا نم بلاطلا نیذلا اوناك ىلع ةیارد تلاكشمب لح تلاكشملا اوقلتو ةدام ةجمربلا ةیطخلا . تانایبلا ةمدختسملا يف هذھ ةساردلا يھ جئاتن تارابتخا لح تلاكشملا ةیضایرلا عم تلاباقم ریكفتلا توصب لاعٍھبشو ةمظنم . ت مت ةینقت لیلحت تانایبلا نع قیرط لیلقت تانایبلا میدقتو تانایبلا صلاختساو جئاتنلا نم للاخ عوجرلا ىلإ ةیرظنلا . ثیلثتلا مدختسملا وھ ثیلثتلا يعوضوملا ، يذلاو دمتعی ىلع عوضوملا
ددحملا ىتح عبشتی .
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susanti, Elly and Sujarwo, Imam | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Berpikir Komputasional, Pemecahan Masalah, Metakognisi | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Jeffa Lianto Van Bee | |||||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2023 10:35 | |||||||||
Last Modified: | 08 Mar 2023 10:35 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48002 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |