Qomariah, Nurul (2014) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan hasil belajar peta, atlas dan globe pada siswa kelas VII H MTSN Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10130034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Proses peningkatan hasil belajar siswa akan meningkat jika ada inovasi model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa terutama pada pelajaran IPS khususnya materi Peta, Atlas dan Globe. cooperative learning adalah suatu model pembelajaran dimana sistem belajar dan bekerja dalam kelompok- kelompok kecil yang berjumlah 4-6 orang secara kalaborasi sehingga dapat merangsa siswa lebih bergairah dalam belajar.
Adapun tujuan dari penellitian ini anatara lain adalah: (1) Mendeskripsikan proses perencanakan pembelajaran Peta, Atlas dan Globe melalui penerapan model Kooperatif (NHT) pada kelas VIIH MTs.N Probolinggo, (2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran Peta, Atlas dan Globe melalui model Kooperatif (NHT) pada kelas VIIH MTs.N Probolinggo, dan 3) Mendeskripsikan proses penilaian dan hasil pembelajaran Peta, Atlas dan Globe melalui model Kooperatif (NHT) pada kelas VIIH MTs.N Probolinggo.
Untuk tercapainya tujuan diatas maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode (1) observasi (pengamatan); (2) wawancara; dan (3) dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas kelas VII di MTs.N Probolinggo. Sedangkan untuk menganalisanya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan ini, dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) Perencanaan yang dilakukan antara lain menyiapkan perangkat pembelajaran, materi peta, atlas dan globe yang akan disampaikan, sumber- sumber dan media belajar, serta soal pre test yang akan digunakan sebagai evaluasi awal; (2) Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan dua pertemuan tiap siklusnya; (3) Dengan adanya penelitian ini, membuktikan bahwa model pembelajaran koperatif (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIH MTsN Probolinggo.
Hasil Penelitian menujukan bahwa, (1) proses perencanaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peta, atlas dan globe di kelas VIIH MTsN Probolinggo dibuat setelah peneliti mengetahui karakteristik siswa kelas VIIH yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. perencanaan penelitian dibuat dengan 3 siklus 6 kali pertemuan. (2) proses pelaksanaan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peta, atlas dan globe di kelas VIIH MTsN Probolinggo berjalan dengan baik dan memberikan pengalaman baru kepada siswa sehingga siswa bersemangat mengikuti proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran kooperatif ini dilaksanakan dalam 3 siklus 6 kali pertemuan. (3) proses dan hasil penilaian pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peta, atlas dan globe di kelas VIIH
MTsN Probolinggo dilakukan setiap pertemuan kedua di setiap siklusnya kali proses pengambilan nilai dilakukan dengan post tes dan pre tes. Peningkatan hasiol belejar tersebut dapat dilihat dari hasil evaluasi pre test san post test, yang semual nilai rata-rata kelas pada saat pre test sebesar 62,10% dengan ketuntasan belajar siswa 13 siswa, dengan presentase ketuntasan belajar 36,1%, sedangkan yang tidak tuntas belajar sebanyak 23 siswa , pada siklus I hasil belajar belum mengalami perubahan yang signifikan karena ketuntasan belajar 6 siswa dengan presentase ketuntasan 30.6%, pada siklus II sedikit meningkat nilai rata-rata pekerjaan siswa menjadi 75,02% dengan ketuntasan belajar sebanyak 26, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 10 orang dan pada siklus III meningkat menjadi ketuntasan belajar siswa sebanyak 81.83% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 35 siswa . Sedangkan bukti dari data kualitatif yang menjelaskan keantusiasan siswa terhadap pembelajaran IPS, yaitu suasana kelas yang menjadi lebih hidup, keberanian masing-masing individu untuk bertanya untuk mengungkapkan pendapat serta pengalaman siswa menjadi bertambah dan interaksi antar siswa sudah mulai membaik dikelas VIIH.
ABSTRACT
The process of improving student learning outcomes will be increased if there are innovative learning models that apropiate with students characteristic, especially for social subject particulary in studying Maps, Atlas and Globes. Cooperative learning is a learning model which is use the system of learning and working in small groups, that collaborate amount 4-6 students that can be stimulate students in learning process.
The purpose of this result are: (1) To Describe the planing of learning process of Maps, Atlas and Globes through the implementation of Cooperative model (NHT) in class VII H MTsN Probolinggo, (2) To Describe the implementation of learning process of Maps, Atlas and Globes through the Cooperative Model (NHT) in class VII H MTsN Probolinggo, and 3) To Describe the assessment and learning outcomes Maps, Atlas and Globes through the Cooperative Model (NHT) in class VII H MTsN Probolinggo.
To achieve the objectives above, this study used qualitative approach with classroom action research. Method used in data collection methods (1) observation (2) interviews; and (3) documentation. The respondents in this study is social science teachers and VII grade students at MTsN Probolinggo, and to analyze the reseracher uses descriptive analysis qualitative.
From the research that has been carried out, it can be concluded as the following; (1) The process of planning includes to preparing equipment of learning, maps, atlases and globes subject that will teacher exlaplain, media and source of learning, prepare pre-test questions for initial evaluation; (2) The implementation of this study consisted of three cycles, each cycle there are two meetings , (3) The result of this research, proving that the cooperative learning model (NHT) can improve the learning outcomes on students class VII H MTsN Probolinggo.
The result of this study are, (1) the planning of learning process to improve student outcomes about maps, atlases and globes subject in class VIIH of MTsN Probolinggo, it has made after researcher investigate the characteristics of class VIIH which is appropriate with the learning objectives. The planning of this research was made by 3 cycles of 6 meetings. (2) the implementation of cooperative learning to improve student outcomes about maps, atlases and globes subject in class VII H of MTs Probolinggo was running well and it can give a new experience for students, so that students are eager to follow the learning process. The implementation of cooperative learning is conducted in 3 cycles of 6 meetings. (3) the process and cooperative learning assessment results to improve student outcomes about maps,
atlases and globes subject in class VII H of MTsN Probolinggo was conducted in every second meeting in each cycle, it takes value of pre-test and post-test. The increasing of learning result can be seen from the results of the evaluation of pre-test and post-test, which result of pre-test average values was 62.10% with mastery learning students are about 13 students, with a percentage 36.1% of mastery learning, while students who did not pass the test about 23 students, in the first cycle of learning outcomes was about 6 students who didn’t pass the test and it percentage is 30.6% completeness, the second cycle slightly increases the average value of studenwork into 75,02% With mastery learning as much as 26 students, while as many as 10 people had not been completed yet and the third cycle increased about 81.83% The number of students who pass the test were 35 students. While the evidence from the qualitative data that describes the sight of people exiting the social students towards learning, the classroom atmosphere was more lively, individual courage to ask for expressing opinions and experiences of students grew faint and interaction among students had improved in class VII H.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | model pembelajaran koperatif (NHT); Hasil Belajar; Peta,Atlas dan Globe; cooperative learning model (NHT); Learning Outcomes; Maps; Atlas and Globe | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2023 13:15 | ||||||
Last Modified: | 10 Jul 2023 15:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47439 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |