Ubaidah, Siti (2010) Metode pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan prestasi siswa di SMA Negeri 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110210.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Metode pembelajaran merupakan upaya untuk mengimplementasi kan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Maka sebelum menentukan metode pembelajaran terlebih dahulu guru memperhatikan situasi dan kondisi siswa dan sekolah yang termasuk faktor intern dan ekstern yang dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran.
Berangkat dari uraian di atas peneliti ingin mengamati dan mengetahui lebih jauh tentang kenyataan yang diupayakan oleh guru dalam menentukan metode pembelajaran dan apa saja yang dipertimbangkan seb elum menetapkan suatu metode, sehingga peneliti tuangkan dalam bentuk skripsi dengan judul Metode Pembelajaran Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMA Negeri 2 Malang. Upaya pengkajian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang diterapkan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi siswa di SMA Negeri 2 Malang dan mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat metode pembelajaran Guru PAI di SMA Negeri 2 Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan metode pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi siswa di SMA Negeri 2 Malang terdiri dari metode ceramah,metode Tanya jawab, metode proyek (pemberian tugas) metode diskusi, metode sorogan dan metode ketauladanan. Adapun faktor pendukung dan penghambatnya terdiri dari dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor eksternal (luar) meliputi faktor eksternal (luar) meliputi Kurikulum Pedoman Belajar, Pengajar, Sarana/Fasiltas, Lingkungan. Dan faktor internal (dalam) meliputi Minat, Kecerdasan, Motivasi.
Kelemahan yang peneliti peroleh dari pengamatan selama ini adalah tidak semua guru bisa memberdayakan fasilitas yang ada secara maksimal dengan metode yang dibawakannya sehingga siswa merasa tidak adanya perubahan dengan fasilitas yang kian terpenuhi.
ABSTRACT
Learning Method becomes an effort to implement a plan which is arranged in the real activities in order to reach an optimal planning. So that, before deciding learning method, teacher should give intention toward students and schools situation and condition which is an intern and extern factors that can influence learning activities.
Based on the discription above , the reseracher wants to examine and analyze more about the real action which is done by the teachers in deciding learning method and planning before the teachers decide a method. So that, this research obtains the title Learning Method of PAI Teachers in Developing Student Achievement at The State Senior High School 2 of Malang. The purposes of this research are to know the use of Learning method of PAI teachers in developing student achievement at The State Senior High School 2 of Malang and to know the supporting and obstruct factors of Learning method of PAI teachers at State Senior High School 2 of Malang.
This thesis uses the qualitative descriptive res earch method, and for the data collection uses observation, interview and documentation method.
The findings show that learning method which is used to develop student achievement at The State Senior High School 2 of Malang is public speaking, questioning and answering, project method (giving tasks), discussion method, ”sorogan” method and moral value method. There are two of supporting and obstructing factors, those are the external factors such as curriculum guidence study, educator, facilities, and environment. The internal factors such as interest, intelegnt, and motivation.
The weaknesses of this method are not all teachers use the facilities maximally, so that the students feel that there is no change with the facilities they have, even thought the facilities are complete.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Pembelajaran; Prestasi Siswa; Learning Method; Student Achievement | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:46 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46009 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |