Arsyadana, Addin (2010) Penerapan Sistem Full Day School sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MI Al-Qamar Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110206.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (991kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Upaya meningkatkan kualitas pendidikan pada hakekatnya tidak sekedar mengarah pada hasil pendidikan akan tetapi juga pada proses pelaksanaan pendidikan, Proses disini termasuk model kurikulum yang diterapkan. Berkenaan dengan penerapan kurikulum, sistem full day school merupakan salah satu bentuk model pendidikan yang sangat mendukung untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Sehubungan dengan upaya meningkatkan kualitas pendidikan, penulis memilih MI Al-Qamar Bagor sebagai lokasi penelitian. Hal ini dikarenakan visi misi yang mendasari sekolah ini sangat berharap siswanya menjadi generasi yang berbudi pekerti yang luhur, dan menjadikan lembaganya menjadi lembaga yang favorit. Oleh karena itu kepala sekolah ingin mewujudkan visi misi tersebut dengan menerapkan sistem full day school dan bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa sehingga nantinya lembaga tersebut bisa bersaing dengan lembaga-lembaga yang lain untuk peningkatan kualitas pendidikan.
Berdasar pada informasi dan persoalan di atas, maka dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat judul Penerapan sistem full day school sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MI Al-Qamar Nganjuk. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, faktor-faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan sistem full day school serta untuk mengetahui apakah penerapan sistem full day school dapat meningkatkan kualitas pendidikan di MI Al-Qamar.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ke tempat lokasi secara langsung, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, disini penulis sertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasannya upaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan sistem full day school di MI Al- Qamar sudah berjalan dengan baik, artinya apa yang direncanakan dan pelaksanaanya sudah sesuai dan dapat berjalan dengan baik. Dilihat dari penggunaan kurikulum 2004 yang terdiri dari empat komponen, dalam proses belajar mengajar guru dituntut untuk menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi, seperti game, setting pembelajaran yang berbeda, moving class, dan lain-lain, kemudian dalam meningkatkan kualitas pendidikan madrasah memacu terus menerus dengan cara melengkapi sarana prasarana, pengaturan penggunaan sarana prasarana, pemantauan serta pembinaan belajar intensif namun tidak bersifat kaku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Rahmawati | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Full Day School; Kualitas Pendidikan | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:46 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 11:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45995 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |