Hidayati, Zaro'atul (2010) Peran profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pengembangan bahan ajar Al- Qur'an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kandangan-Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110130.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru sangat membutuhkan bahan ajar sebagai acuan dalam memberikan materi pelajaran begitu pula siswa membutuhkan panduan dan pedoman guna mempelajari materi yang diberikan guru agar siap menerima materi yang akan disampaikan oleh guru. Agar guru benar-benar memiliki keterampilan dan kemampuan dalam menyusun bahan ajar maka diperlukan sekali keahlian seorang guru, maka dari itu guru dituntut untuk profesional dibidangnya masing-masing.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis melakukan penelitian di MAN Kandangan Kediri dengan rumusan masalahnya (1) Bagaimana profesionalitas guru PAI di MAN Kandangan Kediri? (2) bagaimana usaha guru PAI dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadis di MAN Kandangan Kediri? (3) Bagaimana peran profesiobalitas guru PAI dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadis di MAN Kandangan Kediri?. Adapun tujuan dari pembahasan diatas adalah (1) Untuk mendeskripsikan profesionalitas guru PAI di MAN Kandangan Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadis di MAN Kandangan Kediri. (3) Untuk mendeskripsikan peran profesionalitas guru PAI dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadis di MAN Kandangan Kediri.
Metodelogi penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif, sedangkan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah, guru mata pelajaran Al- Qur’an Hadis, kepala MAN Kandangan Kediri dan siswa kelas XII. Untuk pengumpulan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang peneliti peroleh dari observasi, interview, dan dokumentasi menggunakan teknik analisa data riset deskriptif yang bersifat eksploratif bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena tertentu.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan dikembangkannya Bahan Ajar Al-Qur’an Hadis dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dan dapat menyampaikan materi dengan baik dan terstruktur. Sehingga siswa mudah mencerna materi yang disampaikan guru dan dapat mempelajarinya dengan semaksimal mungkin. Suasana seperti ini dapat meningkatkan mutu belajar dan kualitas belajar siswa, sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih memuaskan.
ABSTRACT
In learning and teaching, teachers need materials in teaching while students need materials in learning. Teachers must be able to have skills and ability to make materials so they need competence teacher. Teachers must be mastered in their field.
Based on the problem, the research did research in MAN Kandangan Kediri and problem statements are (1) How is professional Islamic teacher in MAN Kandangan Kediri? (2) How does Islamic teacher develop Al-Quran hadist materials in MAN Kandangan Kediri? (3) how does professional Islamic teacher develop Al-Quran hadist materials in MAN Kandangan in Kediri?. The objectives of the research are (1) describing professional Islamic education teacher in MAN Kandangan Kediri, (2) describingwhat have Islamic education teacher done to develop Al-Quran hadist materials in MAN Kandangan Kediri, (3) describing role play of professional Islamic teacher to develop Al-Quran hadist materials in MAN Kandangan Kediri.
The method of the research is kualitative description. The resources of the research are Al-Quran hadist teacher headmaster of MAN Kandangan Kediri and students of XII class. The collecting data are observation, interview and documentation. The Analyzing data is using the explorative which aimed to describe the real situation or fixed phenomenon.
The results of the research are Al-Quran hadist materials can develop quality students in learning well delivery materials. So make students are easy to understand the materials and students can maximally learn because of teachers. This situation can get satisfy result.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Profesionalitas Guru; PAI; Bahan Ajar; Al-Qur’an Hadits; Role Play Professional Teacher Islamic Education; Materials; Al-Quran Hadist | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:56 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45987 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |