Hadami, Hadami (2010) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X/A Madrasah Aliyah Islamiyah Syafi’iyah Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110122.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (447kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam kegiatan proses belajar-mengajar motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik sangatlah diperlukan. Mengingat bahwa dengan memberikan motivasi pelajar dapat mengembangkan aktivitas dan inisiatif , dan dapat memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar. Dalam kaitan itu perlu diketahui bahwa cara dan jenis menumbuhkan motivasi adalah macam-macam. Tetapi untuk motivasi ekstrinsik kadang-kadang tepat, dan juga kadang-kadang kurang sesuai. Hal ini guru harus hati-hati dalam menumbuhkan dan memberi motivasi bagi kegiatan belajar para siswa, sebab mungkin maksudnya memberikan motivasi tetapi justru tidak menguntungkan perkembangan belajar siswa. Begitu juga dengan penggunaan berbagai starategi pengajaran dalam pembelajaran, jika bahan pelajaran disajikan secara menarik dengan metode yang sesuai maka dapat menggairahkan semangat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif karena siswa aktif di kelas. Kenyataan yang ada di Madrasah Aliyah Islamiyah Syafi’iyah Paiton dari hasil pengamatan peneliti, siswa kelas X/A kurang termotivasi dalam belajar, terutama pada mata pelajaran aqidah akhlak karena guru mata pelajaran aqidah akhlak sangat jarang sekali menggunakan strategi yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Selain itu terkadang siswa selalu menganggap remeh pelajaran aqidah akhlak karena bagi mereka pelajaran itu tidak sulit dan selalu diperaktekkan dalam kehidupan sehari- hari. Hal inilah yang membuat siswa kurang termotivasi dan malas untuk belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak. Dari deskripsi di ataslah sehingga penulis tertarik untuk mengambil judul: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X/A Madrasah Aliyah Islamiyah Syafi’iyah Paiton Probolinggo.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka skripsi ini mengkaji tentang: 1. Apa strategi guru pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X/A Madrasah Aliyah Islamiyah Syafi’iyah Paiton? 2. Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X/A Madrasah Aliyah Islamiyah Syafi’iyah Paiton?
Adapun yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:1.Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran aqidah akhlak kelas X/A Madrasah Aliyah Islamiyah Syafi’iyah Paiton a, 2. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X/A Madrasah Aliyah Islamiyah Syafi’iyah Paiton
Penelitian yang dilakukan penulis ini termasuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Keberhasilan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X/A sudah baik dan meningkat. Hal ini tercermin pada akhlak para siswa yang mana siswa selalu ta’zim kepada guru-gurunya dengan bersalaman setiap berjumpa. Artinya bahwa meningkatnya motivasi belajar siswa kelas X/A itu tidak hanya berbentuk nila- nilai angka seperti yang ada di raport, namun lebih dari itu, juga berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat dan memang hal inilah yang sangat diharapkan oleh Madrasah Aliyah Islamiyah Syafi’iyah Paiton untuk menjadi manusia-manusia yang berakhlakul karimah karena sesuai dengan visi dan misi sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Guru; Peningkatan; Motivasi Belajar | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:46 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45936 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |