Islamiyah, Roisatul (2010) Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas X di MAN 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110192.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang amat penting dalam proses belajar mengajar yang dapat dimuati pesan yang akan disampaikan kepada siswa yang berupa alat, selain itu media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk peningkatan kualitas hasil belajar dan berkomunikasi dengan siswa agar lebih efektif. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran saat proses belajar mengajar sangat diperlukan. Berasal dari pemikiran tersebut, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang ”penggunaan media pembelajaran elektronik dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X.”
Adapun permasalahan yang akan di bahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran elektronik dalam meningkatan kualitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas X, (2) Apa hambatan yang dihadapi guru dalam penggunaan media pembelajaran elektronik pada mata pelajaran fiqih kelasX, (3) Apakah ada peningkatan kualitas hasil belajar siswa dengan penggunaan media elektronik pada mata pelajaran Fiqih kelas X.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada gejala-gejala yang tampak.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran elektronik dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 3 Malang sudah berjalan baik, meskipun masih ada kekurangan-kekurangan. Hal ini dapat dilihat dari media pembelajaran yang digunakan oleh guru berdasarkan materi yang akan disampaikan, sehingga mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Adapun di kelas siswa aktif bertanya tentang pelajaran yang belum dimengerti, baik pada saat di dalam kelas maupun di luar kelas, siswa aktif mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru di kelas atau tugas di luar jam sekolah, siswa lebih aktif dalam mencari informasi yang diberikan oleh guru. Adapun hambatan yang dihadapi guru dalam penggunaan media pembelajaran elektronik pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 3 Malang adalah masalah waktu, siswa kurang begitu antusias dalam pelaksanaan pembelajaran, kurangnya perhatian guru terhadap siswa. Dan siswa dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan dalam kualitas hasil belajarnya karena siswa aktif dalam mengerjakan tugas-tugas dari guru.
Dengan adanya media pembelajaran yang dilakukan oleh guru, maka proses belajar mengajar akan kondusif dan siswa akan lebih mempunyai gairah untuk aktif belajar fiqih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Rahmawati | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penggunaan Media Elektronik; Kualitas Pembelajaran Fiqih | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45875 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |