Mardiya, Nuri (2010) Aplikasi model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Kedung Solo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110180.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (849kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Contekstual Teaching And Learning (CTL) merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkanya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Contekstual Teaching And Learning (CTL) memungkinkan belajar tenang dan menyenangkan, karna pembelajaran dilakukan secara alamia, sehingga peserta didik dapat memperaktikkan secara langsung apa yang di pelajarinya dalam kehidupan nyata, pembelajaran kontekstual mendorong peserta didik untuk memahami hakikat, makna, dan manfaat belajar, sehingga memungkinkan mereka rajin, dan termotivasi untuk senantiasa belajar, kondisi tersebut terwujud, ketika peserta didik menyadari tentang apa yang mereka perlukan untuk hidup dan bagaimana cara untuk menggapainya.
Dalam proses pembelajaran kontekstual, setiap guru perlu memahami tipe belajar dalam dunia siswa, artinya guru perlu menyesuaikan gaya mengajar terhadap gaya belajar siswa. Dalam proses pembelajaran konvensional, hal ini sering terlupakan sehingga proses pembelajaran tak ubahnya sebagai proses pemaksaan kehendak, yang menurut Paulo Freire sebagai sistem penindasan. Sehingga menurunkan motivasi belajar siswa. Kondisi ini pada gilirannya berdampak pada prestasi belajar peserta didik. Untuk menjawab persoalan tersebut perlu diterapkan cara alternatif untuk mempelajari Pendidikan Agama Islam (PAI) yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga memotivasi siswa untuk mengembangkan potensi kreatifnya. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapakn pembelajaran Contekstual Teaching And Learning dengan menggunakan model pembelajaran ini diharapkan agar materi Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat mudah dipahami oleh siswa dan dapat meningkatkan prestasi belajar dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana pengaplikasian model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN kedung Solo, (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Kedung Solo.
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif, dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisinya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu data yang di gambarkan dengan kata- kata atau kalimat kemudian di analisa secara induktif dan deduktif. Selain itu untuk mendukung uraian dari keadaan sebenarnya ada dilapangan, maka penulis menyertakan tabel sebagai pelengkap data dengan menggunakan anlisis data.
Dari hasil analisis dapat di peroleh kesimpulan sebagai berikut: (1) aplikasi model pembelajaran Contekstual Teaching and learning (CTL) dalam mata pelajaran PAI di SDN Kedung Solo dapat dilakukan dengan cara: menerapkan kompenen yang ada dalam pembelajaran Contekstual Teaching And Learning dengan baik. (2) prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Contekstual Teaching And Learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Kedung Solo dapat dilihat dari pengetahuan siswa, sikap siswa, dan juga kterampilan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran Contekstual Teaching and learning (CTL).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Aplikasi Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL); Prestasi Belajar | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:09 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45841 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |