Fitria, Siti Iqomatul Laily (2010) Penerapan Metode Jigsaw dan Resitasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 2 Sumberpucung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110169.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (504kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar dalam agama islam. Ajaran-ajaran tersebut terdapat dalam Al-Qur’an dan hadis. Berkat kerja keras para ulama melalui ijtihadnya, mereka berhasil mengembangkan materi agama islam pada tingkat yang lebih rinci. Mata pelajaran pendidikan agama islam tidak hanya mengantarkan peserta didik pada penguasaan materi saja, akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana peserta didik mampu memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran itu dalam kehidupan sehari-hari.
Metode pembelajaran jigsaw dan resitasi merupakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa dan akan meningkatkan motivasi belajar siswa, sedangkan guru hannya sebagai fasilitator bagi mereka. Dalam penelitian ini penulis merumuskan permasalahan, diantaranya: 1) bagaimana perencanaan metode jigsaw dan resitasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama islam, 2) bagaimana pelaksanaan metode jigsaw dan resitasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, 3) bagaimana penilaian pembelajaran melalui metode jigsaw dan resitasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Yang bertujuan untuk mengetahui perencnaan, pelaksanaan dan penilaian metode jigsaw dan resitasi dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 2 Sumberpucung.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas mengikuti model kurt lewin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi (aktivitas kelas, interview dan tes), wawancara dan dokumentasi. Data bersifat kualitatif dan siswa sebagai instrumen. Rencana tindaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi.
Berdasarkan data yang diperoleh, bahwasannya kolaborasi antara metode jigsaw dan resitasi sangat mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Pada pelajaran pendidikan agama islam motivasi belajar siswa semakin meningkat di tiap pertemuan. Mulai dari meningkatnya minat untuk belajar, peningkatan dalam penguasaan materi, keberanian dalam bertanya dan mengungkapkan pendapat serta semakin mempunyai tanggunng jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw dan resitasi dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sumberpucung malang, dimulai dari pembentukan kelompok, menyusun instrumen pembelajaran, media dan sumber belajar yang diperlukan. Dalam pelaksanaan metode jigsaw dan resitasi, guru sebagai pembimbing, fasilitator dan motivator bagi siswa. Dan siswa diberikan kesempatan untuk bekerja sama dengan siswa lain terutama bersama kelompoknya dalam menyelesaikan tugas terstruktur untuk membentuk pengetahuan mulai mencari data, penyampaian data hingga menarik kesimpulan dari materi yang dibahas.Motivasi belajar siswa mulai meningkat dari setiap pertemuan. Dimulai dari kesiapan siswa dalam menyampaikan materi kepada teman-temannya, kesiapan dalam menerima tugas (baik individu maupun kelompok) dan keberanian dalam mengungkapkan pendapat.
Saran yang dapat penulis berikan kepada pihak-pihak yang terkait yaitu hendaknya dalam penyampaian materi seharusnya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya. Agar siswa dapat berkembang dan memahami betul apa yang telah mereka pelajari. Diharap bagi setiap gurut erutama guru Pendidikan Agama untuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran, sehingga siswa tidak hanya mengetahui ilmu agama tapi bisa memahami pentingnya agama bagi kehidupan dan bisa menerapkan ilmu yang diketahuinya dengan mudah dan menyenangkan.Untuk lebih meningkatkan kualitas lulusan, mutu pendidikan yang ada maka perlu adanya pengembangan sistem belajar yang berorientasi pada kepentingan murid baik di kelas maupun di luar kelas. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, maka pihak sekolah agar lebih memperhatikan motivasi belajar siswa dan meningkatkan pengawasan pada siswa agar mereka dapat belajar dengan baik sehingga akan di dapat hasil belajar yang baik dan berkualitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Jigsaw dan Resitasi; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45815 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |