Fitriyah, Haniatul (2010) Aplikasi Strategi Pembelajaran Mind Map dalam meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Turen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110091.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (553kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses hidup, manusia selalu berpikir pada berbagai hal meski sekecil apapun. Dari proses berpikir, manusia berusaha memunculkan sesuatu yang baru. Sesuatu yang muncul dalam pikiran itu dapat berupa konsep, ide, maupun kreativitas. Oleh karena itu, di dalam pikiran manusia, terdapat proses menerima pesan atau memori, kemudian proses pengolahan yang nantinya mampu menghasilkan berbagai konsep maupun gagasan cemerlang. Pada proses belajar mengajar sering terjadi proses menerima pesan atau memori terhambat karena strategi pembelajaran yang kurang tepat. Salah satunya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang identik dengan metode caramah. Hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan malah menghambat kreativitas dan prestasi belajar siswa. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh guru untuk lebih meningkatkan kreativitas (otak kanan) dan prestasi belajar (otak kiri) siswa yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran mind map. Strategi pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan pada pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana aplikasi pembelajaran dengan strategi mind map dalam mata pelajaran PAI pada siswa di SMPN 2 Turen Malang?; (2) Bagaimana kreatifitas dan (3) prestasi belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran mind map dalam mata pelajaran PAI di SMPN 2 Turen Malang? Adapun tujuan dari pembahasan berdasarkan rumusan masalah di atas adalah sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pembelajaran dengan strategi pembelajaran mind map dalam pelajaran PAI pada siswa SMPN 2 Turen Malang; (2) Mendeskripsikan dan menganalisis kreatifitas dan (3) prestasi belajar siswa dengan strategi pembelajaran mind map pada pelajaran PAI di SMPN 2 Turen Malang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi dan dokumen lainnya. Teknik wawancara yang dipakai yaitu interiew bebas terpimpin. Sedangkan data yang terkumpul kemudian penulis analisis dengan menggunakan tehnik analisis deskriptif. Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan tehnik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran mind map pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Turen cukup baik. Strategi ini sangat membantu guru PAI karena dapat melibatkan siswa secara aktif dan dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa. Penerapan strategi ini didukung kondisi geografi SMPN 2 Turen yang tenang dan tidak bising karena lalu lalang kendaraan. Namun ditemukan ada beberapa penghambat yang dihadapi oleh guru-guru khususnya guru PAI yaitu kurangnya waktu untuk menerapkan strategi pembelajaran ini. Hambatan juga terjadi pada para siswa yaitu kurang luasnya kertas kosong yang disediakan, kesulitan dalam menggamar dan perbedaan pendapat mengenai bentuk mind map yang benar.
Berdasarkan penelitian ini, dapat disarankan guru harus lebih mempersiapkan perangkat dan media penunjang bagi siswa agar pengalokasian waktu bisa dilakukan dengan tepat. Sedangkan bagi sekolah dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pembelajaran disekolah pada mata pelajaran PAI atau mata pelajaran yang lain. Karena hasilnya adalah strategi pembelajaran mind map dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran Mind Map; Kreativitas; Prestasi Belajar; pendidikan Agama Islam | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2023 09:00 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2023 09:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45653 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |