Mashluhi, Nuriyah Ula (2010) Aplikasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) guna meningkatkan kualitas Pembelajaran Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas VII D di MTsN Jabung Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110090.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (997kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Teacher oriented yang banyak digunakan guru Pendidikan Agama Islam selama ini cenderung monoton, tekstual, dan statis, sehingga terkadang terdapat potensi belajar siswa yang terlupakan, pada saat proses dan hasil yang akan di capai, kompetensi yang harus dimiliki siswa dengan menyeimbangankan tiga domain yang di kemukakan oleh Bloom (kognitif, afektif dan psikomotorik), serta hasil setelah proses pembelajaran berlangsung. Atas dasar itu, perlu dicarikan alternatif- alternatif baru dalam pembelajaran Al-Qur’an hadits. Salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa adalah Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yang di rasa lebih tepat untuk mengatasi fenomena tersebut.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti mencoba untuk meneliti Aplikasi PAKEM, sebagai salah satu alternatif pembelajaran dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimanakah proses perencanaan dengan Aplikasi PAKEM pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits Kelas VII D untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di MTsN Jabung Blitar?, 2. Bagaimana proses pelaksanaan Aplikasi PAKEM dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas VII D pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits di MTsN Jabung Blitar?, 3. Bagaimanakah penilaian dengan menggunakan Aplikasi PAKEM pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas VII D di MTsN Jabung Blitar?
Berdasarkan paparan di atas, peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan model yang dikembangkan oleh john Elliott. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan deskriptif kualitatif. Sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan deskriptif kuantitatif. Dengan rumus:
P = ((post rate - base rate)/ rata-rata ) x 100
Keterangan :
P = Presentasi peningkatan
Post Rate = Nilai rata-rata sesudah tindakan
Base Rate = Nilai rata-rata sebelum tindakan
Hasil observasi dan data empiris di lapangan menunjukkan bahwa Aplikasi PAKEM terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII D. Indikator peningkatannya ditandai dengan meningkatnya ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dari siklus ke siklus, serta nilai hasil belajar siswa, yang terus meningkat pada setiap tesnya. Hasil observasi dari lapangan menunjukkan bahwa ranah kognitif siswa mengalami peningkatan dari pre test ke siklus I sebesar 42%, dari pre test ke siklus II 71%, dari pre test ke siklus III 157%. Dari siklus I ke siklus II 20%, siklus I ke siklus III sebesar 80%, dan dari siklus II ke siklus III 50%. Peningkatan ranah afektif siswa dari pre test ke siklus I 40%, dari pre test ke siklus II 120%, dari pre test ke siklus III 140%. Dari siklus I ke siklus II 57%, siklus I ke siklus III sebesar 71%, dan dari siklus II ke siklus III 9%. ranah psikomotorik siswa mengalami peningkatan dari pre test ke siklus I sebesar 0%, dari pre test ke siklus II 75%, dari pre test ke siklus III 125%. Dari siklus I ke siklus II 75%, siklus I ke siklus III sebesar 125%, dan dari siklus II ke siklus III 28%. Bentuk aplikasi PAKEM yang optimal dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah dengan menggunakan metode yang bervariasi: Peer lessons (belajar dari teman), the power of two (kekuatan dua kepala), Every one is a teacher here (setiap siswa adalah guru). True or false (benar apa salah), Drill (latihan) dan crossword puzzle (teka-teki silang), reinforcement serta modul.
Saran yang dapat disampaikan peneliti adalah (1). Lembaga pendidikan yang berwenang diharapkan dapat merealisasikan PAKEM, karena dari hasil penelitian, terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa (2). Tenaga pengajar hendaknya dapat mengaplikasikan PAKEM pada kegiatan belajar mengajar dengan mengunakan metode yang bervariasi (3). Perlu adanya penelitian PAKEM lebih lanjut dengan menggunakan variabel dan metode penelitian yang berbeda agar diperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan data yang lebih absah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | PAKEM; Al-Qur’an hadits; kualitas pembelajaran | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2023 09:00 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2023 09:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45650 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |