Sa’adah, Siti Nurul (2010) Penerapan Metode Permainan Simulasi dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII A Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Puncu Desa Sidomulyo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110083.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (652kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Terlebih dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Selama ini Pendidikan Agama Islam terlebih pelajaran Aqidah Akhlak masih belum mencapai indikator. Dalam realitanya belum menunjukkan keberhasilan yang diharapkan karena pembelajaran di sekolah maupun di madrsah masih menggunakan strategi pembelajaran tradisional sehingga kurang efektif dan kurang relevan dengan kebutuhan siswa serta menjadikan siswa kurang aktif yang pada gilirannya berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Menyikapi permasalahan diatas, perlu dikembangkan strategi pembelajaran yang efektif untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Metode permainan simulasi sebagai salah satu alternative menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak.
Beranjak dari permasalahan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana proses pembelajaran Aqidah Akhlak di Kelas VII A MTs Negeri Puncu Kediri?(2) Bagaimana penerapan metode permainan simulasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Puncu Kediri?(3) Apakah aktivitas siswa kelas VII A dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dapat ditingkatkan dengan penerapan metode permainan simulasi di MTs Negeri Puncu kediri?
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Tindakan Kelas (class- room research) dengan jenis kolaboratif partisipatoris. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan deskriptif kualitatif sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif dan sajian visual.
Proses pembelajaran aqidah Akhlak di MTs Negeri Puncu Kediri masih menggunakan pembelajaran yang tradisional yaitu pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab. Berdsarkan data dilapangan menunjukkan nilai rata-rata dari hasil pre test pada pelajaran Aqidah Akhlak adalah 65,5 dari hasil ini masih dibawah standar. Selain itu penerapan metode permainan simulasi di MTs Negeri Puncu Kediri terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak. Dari hasil observasi dilapangan menunjukkan adanya peningkatan prestasi dari pre test ke siklus I sebesar 11,23% dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12,41% dan dari pre test ke siklus II sebesar 25,04%. Dan penerapan metode permainan simulasi juga dapat meningkatkan aktifitas siswa. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil prestasi siswa yang didaptkan dari hasil belajar dan juga dari observasi keaktifan siswa.
Dari hasil observasi lapangan menunjukkan keaktifan siswa meningkat dari pre test ke siklus I sebesar 44%, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 38,8% dan dari pre test ke siklus II meningkat sebesar 100%.
Adapun saran penelitian sebagai berikut: (1)Tenaga pengajar, diharapkan dapat menerapkan metode permainan simulasi yang dapat menarik siswa untuk lebih semanagat, aktif serta dapat menimbulkan minat siswa dan pada gilirannya dapat meningkatkan prestasi yang diharapakan. (2) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan desain penelitian kualitatif sehingga data diperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang penerapan metode permainan simulasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap pelajaran Aqidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Permainan Simulasi; Prestasi Belajar Siswa; Aqidah Akhlak | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 14:44 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 14:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45625 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |