Sa’adah, Novi Mas’ulah (2010) Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keaktifan dan kreativitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110073.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah sekarang ini pelaksananya masih menunjukkan berbagai permasalahan yang kompleks. Strategi pembelajaran yang selama ini di terapkan masih didominasi dengan strategi konvensional, yang pasif, monoton dan kurang bermakna. Strategi pembelajaran yang berorientasi pada Teacher Center tersebut, kurang interaktif dan kurang kondusif bagi peningkatan keterampilan komunikasi, keaktifan dan kreativitas siswa. Konsekuensinya perlu dicarikan strategi alternatif, yaitu strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) karena sekarang ini pembelajaran dan pengajaran kontekstual menjadi tumpuan harapan para ahli pendidikan dan pengajaran dalam upaya menghidupkan kelas secara maksimal. Kelas yang hidup diharapkan dapat mengimbangi perubahan yang terjadi di luar sekolah yang demikian cepat.
Berangkat dari fenomena di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, keaktifan dan kreativitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X JSB.1 di SMK Negeri 2 Malang? 2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, keaktifan dan kreativitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X JSB.1 di SMK Negeri 2 Malang?
Penelitian ini dilaksanakan di kota Malang, tepatnya di SMK Negeri 2 Malang. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ) dengan jenis kolaboratif. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisis secara kualitatif, sedangkan data yang kuantitatif, dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan sajian visual.
Berdasarkan data empirik dari hasil observasi, penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keaktifan dan kreativitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Malang. Dari hasil observasi yang menunjukkan peningkatan keterampilan komunikasi nilai rata-rata pre-test 1,66 meningkat menjadi 2,83 pada post test, atau meningkat sekitar 70,4% sedangkan peningkatan keaktifan nilai rata-rata pre test 1,75 meningkat menjadi 3,5 pada post test, atau meningkat sebesar 75%. Begitu juga peningkatan kreativitas dari nilai rata-rata pre test 1,45 meningkat 2,81 pada post test, atau meningkat sekitar
93,7%.
Penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, keaktifan dan kreativitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Malang adalah: Pertama, menerapkan prinsip-prinsip penerapan strategi pembelajaran kontekstual. Kedua, penggunaan modul sebagai media pembelajaran serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Ketiga, guru berperan sebagai fasilitator.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti memberikan beberapa saran, strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) perlu diterapkan dalam proses pembelajaran. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi untuk membuktikan tentang pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterampilan komunikasi, keaktifan dan kreativitas belajar Pendidikan Agama Islam dengan desain penelitian eksperimen menggunakan kelompok kontrol sehingga diperoleh data yang lebih valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rossidy, Imron | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); Keterampilan Komunikasi; Keaktifan; Kreativitas, PAI | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 09:54 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 09:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45544 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |