Tyas, Dyah Meining (2010) Penerapan metode Demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis Kelas VII MTsN Malang III Gondanglegi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110057.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Mata Pelajaran Al-Qur'an-Hadis di madrasah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan berbagai permasalahan. Saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian “pengetahuan tentang Agama Islam.” Mayoritas metode pembelajaran yang digunakan selama ini lebih ditekankan pada hafalan, akibatnya siswa kurang memahami kegunaan dan manfaat dari apa yang telah dipelajari dalam materi Al-Qur'an-Hadis yang menyebabkan tidak adanya motivasi siswa untuk belajar materi Al-Qur'an-Hadis.
Melihat kenyataan yang ada di lapangan. Sehingga menurunkan prestasi belajar siswa. Untuk menjawab persoalan- persoalan tersebut perlu diterapkan suatu cara alternatif mempelajari Al-Qur'an- Hadis sehingga memotivasi siswa untuk mengembangkan potensi kreativitasnya. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan metode demonstrasi. Dengan penggunaan metode ini diharapkan agar mata pelajaran Al- Qur'an-Hadis dapat mudah dipahami dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis.
Berangkat dari permasalahan di atas maka secara umum dirumuskan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana perencanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MTsN Malang III pada mata pelajaran Al- Qur’an- Hadis? Bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa MTsN Malang III pada mata pelajaran Al- Qur’an- Hadis? Bagaimana penilaian metode demonstrasi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa MTsN Malang III pada mata pelajaran Al- Qur’an- Hadis?
Penelitian ini dilaksanakan di kota Malang, tepatnya di MTsN Malang III Gondanglegi. Penelitian ini merupakan PTK. Tahap penelitian mengikuti model dari bukunya Wahidmurni dan Nur Ali, yaitu berupa siklus yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi; pengukuran tes hasil belajar; dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur'an-hadis kelas VII MTsN Malang III Gondanglegi. Indikator peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari meningkatnya prestasi belajar antara siklus III dengan siklus I adalah pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74,21 meningkat menjadi 91,31 atau sekitar 23,04%. Peningkatan prestasi belajar antara siklus III dengan siklus II adalah pada siklus II nilai rata- rata kelas sebesar 82,75 meningkat menjadi 91,31 atau sekitar 10,34%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Mata Pelajaran Al-Qur'an-Hadis; Prestasi Belajar; Metode Demonstrasi | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:40 | ||||||
Last Modified: | 11 May 2023 14:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45468 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |