Faizah, Lailatul (2010) Pemanfaatan bahan ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Uutuk meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110053.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (505kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Bahan atau materi merupakan medium untuk mencapai tujuan pengajaran yang dikonsumsi oleh peserta didik. Bahan ajar merupakan materi yang terus berkembang secara dinamis seiring dengan kemajuan dan tuntutan perkembangan masyarakat. Bahan ajar yang diterima anak didik harus mampu merespon setiap perubahan dan mengantisipasi setiap perkembangan yang akan terjadi di masa depan.
Bahan ajar merupakan komponen yang tidak bisa diabaikan dalam pengajaran, sebab bahan ajar merupakan inti dalam proses belajar mengajar. Penggunaan bahan ajar akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan serta isi pelajaran. Bahan ajar juga dapat membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman, penyajian data yang menarik dan terpercaya, bahkan diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Salah satu cara yang dilakukan oleh guru untuk memudahkan pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan guna membantu keefektifan proses pembelajaran guru memanfaatkan bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) yang keharusan pembuatan dan penggunaannya oleh guru bidang studi Pendidikan Agama Islam. Berangkat dari latar belakang inilah, kemudian dalam penelitian ini diambil rumusan masalah: (1) Bagaimana Pemanfaatan bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) kelas VII di SMP Negeri 3 Malang; dan (2) Bagaimana efektivitas pemanfaatan bahan ajar lembar kerja
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan pemanfaatan bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) kelas VII di SMP Negeri 3 Malang; dan (2) Mendeskripsikan efektivitas pemanfaatan bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Malang.
Penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview, serta dokumentasi. Menganalisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni berupa dat-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam penelitian ini (informan) serta perilaku yang diamati, sehinggga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh.
Adapun hasil penelitian ini adalah, Pertama: Pemanfaatan bahan ajar LKS khususnya mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Malang di wajibkan atas tiap-tiap siswa. Bahan ajar LKS yang digunakan di SMP Negeri 3 Malang berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) 2009 yang telah dikembangkan oleh
musyawarah guru mata pelajaran PAI SMP kota Malang (MGMP PAI SMP Kota Malang). Adapun manfaat bahan ajar lembar kerja siswa khususnya dalam pembelajaran PAI akan membantu guru dalam pembelajaran sehari-hari untuk mencapai hasil belajar yang optimal. kedua: efektivitas pemanfaatan bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Malang karena telah memenuhi dan telah melaksanakan ciri-ciri dalam efektivitas pembelajaran, antara lain : (a) penguasaan bahan ajar yang dipelajari, bahan yang akan diterima siswa harus sesuai dengan tingkat penguasaan peserta didik bukan memberikan bahan ajar yang sukar diterima dan dicerna oleh siswa. Dengan memanfaatkan bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) siswa lebih mudah dalam menguasai materi, (b) siswa merasa senang dalam proses belajar, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar, (c) siswa menjadi senang terhadap sekolah, dengan nilai yang baik dalam belajar kecintaan siswa terhadap sekolah akan tumbuh, (d) siswa menjadi taat terhadap berbagai aturan yang ada di masyarakat, siswa yang sudah terbiasa disiplin maka akan terbiasa tertib dan teratur sehingga siswa akan patuh terhadap peraturan baik di sekolah maupun di rumah, (e) mengajar menghasilkan semua yang diinginkan untuk tercapai, memanfaatkan bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bahan ajar; LKS; Efektivitas | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 08:27 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45445 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |