Nisa', Khoirun (2010) Implementasi metode Card Sort dalamm Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII A MTs Al Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110029.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sebagaimana diketahui pendekatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) selama ini secara umum tidak kunjung berubah, ia bagaikan secara konvensional-tradisional dan monoton sehingga membosankan peserta didik. Hal ini terbukti sewaktu pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) berlangsung banyak peserta didik yang ramai dan kurang menunjukkan antusias kepada pelajaran yang diterimanya. Pelajaran Pendidikan Agama Islam seringkali dilaksanakan disekolah bersifat menyendiri, kurang terintegrasi dengan bidang studi yang lain, sehingga mata pelajaran yang diajarkan bersifat marijinal dan periferal.
Pemilihan metode pembelajaran pendidikan agama harus didasarkan pada analisis kondisi pembelajarn pendidikan agama yang ada. Hasil analisis akan menunjukkan kondisi pembelajaran yang bagaimana dan apa hasil pembelajaran pendidikan agama yang diharapkan. Setelah menetapkan dan mengembangkan metode pempembelajaran akan diperoleh informasi yang lengkap mengenai kondisi rill yang ada dan hasil pembelajaran pendidikan agama yang diharapkan.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu, Apakah Penggunaan metode Card Sort Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswi Kelas VIII A Pada Mata Pelajaran Fikih MTs Al Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang? Bagaimana langkah-langkah meningkatkan motivasi belajar melalui metode Card Sort pada siswa kelas VIII A MTs Al Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode Card Sort Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswi Kelas VIII A Pada Mata Pelajaran Fikih MTs Al Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang dan juga mendeskripsikan langkah-langkah meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran fikih MTs Al Urwatul Wutsqo Bulurejo diwek jombang Penelitian ini dilakukan di MTs Al Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang.
Dengan disain penelitian tindakan kelasa (classroom Action Research) jenis kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan tindakan(planing), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting) dan seterunya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai (criteria keberhasilan). Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) observasi; (2) dokumentasi. Tehnik analisis data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan cara menghitung prosentase.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa implementasi metode card sort pada mata pelajaran fikih dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A di MTs Al Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar afektif. Selain itu, data pempiris juga menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa.
Hasil belajar afektif siswa juga mengalami peningkatan, dilihat dari hasil observasi awal sebelum tindakan diketahui bahwa prosentase keberhasilan aspek reward dengan memberikan hadiah dan pujian 36,50%, pada siklus I meningkat menjadi 37,30% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 41,26%. Aspek tanya jawab dalam setiap pertemuan 34,92%, siklus I sebesar 35,71% dan meningkat menjadi 42,85% pada siklus II. Aspek kerjasama dalam setiap kelompok pada observasi awal sebesar 32,53% meningkat pada siklus I menjadi 34,92% dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 42,85%. Aspek tekun belajar disaat pelajaran berlangsung pada observasi awal sebesar 30,15% meningkat pada siklus I siklus menjadi 34,12% dan pada siklus II semakin
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Card Sort; Motivasi Belajar Siswa | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:04 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45328 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |