Septi, Rias Woro (2010) Implementasi variasi gaya mengajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110027.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Mengajar adalah membimbing kegiatan siswa untuk belajar. Untuk melakukan interaksi belajar mengajar, guru tidak hanya membutuhkan kepandaian di bidang materi yang diajarkan saja, tetapi mereka dituntut untuk memiliki sejumlah keterampilan dalam mengajar, salah satunya adalah keterampilan memberi variasi gaya mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Turen, pemberian variasi gaya mengajar perlu diperhatikan karena dapat membantu menghilangkan kebosanan dan kejenuhan siswa dalam menerima pelajaran serta dapat membantu guru dalam mempermudah tugasnya dalam mengatur kelas.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi variasi gaya mengajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Negeri Turen dan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi variasi gaya mengajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Negeri Turen.
Metode penelitian yang dilakukan adalah termasuk penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII dan siswa kelas VIII MTs Negeri Turen. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, di sini penulis sertakan tabel atau gambar sebagai pelengkap data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Negeri Turen memperhatiakan variasi gaya mengajar dalam menyampaikan bahan pelajarannya agar kegiatan belajar mengajar di dalam kelas tidak monoton, membuat siswa tidak merasa bosan, menumbuhkan perhatian siswa terhadap pelajaran, menumbuhkan motivasi siswa, serta kelas menjadi teratur. Dalam hal ini, guru Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Negeri Turen menerapkan teknik variasi suara, variasi mimik dan gestural (gerak), perubahan posisi, kesenyapan (diam sejenak), pemusatan perhatian, dan kontak pandang. Adapun yang menjadi faktor pendukung implementasi variasi gaya mengajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri Turen yaitu dari segi gurunya sendiri, karakter siswa, dan karakter mata pelajarannya. Dari segi gurunya sendiri terbagi menjadi dua, yaitu karakter guru itu sendiri dan penguasaannya terhadap materi. Adapun faktor penghambat implementasi variasi gaya mengajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri Turen yaitu foktor gurunya dan faktor siswanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | implementasi; variasi gaya mengajar; mata pelajaran SKI | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:07 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45317 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |