Amanah, Iffatul (2010) Kreativitas Guru Al Qr’an Hadits dalam mengelola kelas guna meningkatkan kemampuan menghafal siswa Kelas VII MTs Hidayatul Mubtadi’in Lowokwaru Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (668kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam sebuah proses pendidikan, guru merupakan salah satu komponen yang sangat penting selain komponen lainnya, seperti kurikulum, metode, sarana dan prasarana, lingkungan, dan evaluasi. Guru harus kreatif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif bagi siswa. Pendidikan tidak hanya bergantung pada buku atau bahan ajar dan alat peraga yag telah ada, melainkan bergantung pada kreativitas guru dalam memotivasi dan memberikan teladan kepada para peserta didik. Oleh karena itu guru sebagai salah satu unsur di bidang pendidikan harus berperan aktif dan menempatkan kedudukan sebagai tenaga profesional, sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Dalam rangka ini, guru diharapkan untuk lebih kreatif dan dapat membawa siswa menjadi kreatif pula sehingga siswa dapat menghadapi perubahan zaman saat ini.
Berdasar pada informasi dan persoalan di atas, maka dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat judul Kreativitas Guru Al Qur’an Hadits dalam Mengelola Kelas guna Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Kelas VII di MTs Hidayatul Mubtadi’in Lowokwaru Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Qur`an Hadits, usaha-usaha yang dilakukan dalam mengelola kelas oleh guru Qur`an Hadits dalam rangka meningkatkan kemampuan menhafal siswa, dan untuk mengetahui hasil dari usaha guru tersebut, sehingga siswa tidak merasa bosan di dalam kelas, melainkan siswa merasa nyaman dan dapat belajar di dalam kelas.
Berangkat dari konsep di atas, maka skripsi ini diangkat dengan tujuan: 1) Mendeskripsikan kreativitas guru Al Qur’an Hadits dalam mengelola kelas. 2) Mendeskripsikan kreativitas guru Al Qur’an Hadits dalam mengelola kelas dari segi pengaturan fisik maupun siswa. 3) Mengetahui kreativitas guru Al Qur’an Hadits dalam mengelola kelas guna meningkatkan kemampuan menghafal siswa.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu mengungkapkan gejala secara holistik-kontekstual (secara utuh sesuai dengan konteks) melalui kegiatan pengumpulan data dari latar yang alami. Sedangkan data yang diperlukan, digali melalui teknik observasi, wawancara, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan analisa deskriptif kualitatif dengan cara menyusun dan mengelompokkan data yang ada, sehingga memberikan gambaran nyata kepada pembaca.
Dari kegiatan analisis tersebut diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Guru Al Qur’an Hadits di MTs Hidayatul Mubtadi’in Lowokwaru Malang telah memiliki kemampuan untuk menjadi guru kreatif yang baik, melihat dari empat aspek yang menjadi ruang lingkup penelitian ini: Pertama; kemampuan guru Al Qur'an Hadits dalam menciptakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Keempat, kemampuan guru Al Qur’an Hadits dalam mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Kedua, kemampuan guru Al Qur’an Hadits dalam menyusun rencana dan strategi pembelajaran, Ketiga, kemampuan guru Al Qur’an Hadits dalam memahami keberagaman peserta didik meskipun masih ada guru yang menganggap peserta didik sama, baik dalam kecerdasan, psikologi, serta fisik, ini disebabkan kurangnya pemahaman terhadap psikologi peserta didik. Keempat, kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam mengevaluasi hasil belajar peserta didik. 2) Banyak hal yang dilakukan guru Al Qur’an Hadits dalam mengelola kelas dari (a) pengaturan fisik yang meliputi ventilas, pencahayaan, kenyamanan, letak duduk, dan penempatan siswa (b) pengaturan siswa yang meliputi tingkah laku, kedisiplinan, minat/perhatian, gairah belajar, dinamika kelompok. 3) Kreativitas guru Al Qur’an Hadits dalam mengelola kelas yang dapat meningkatkan kemampuan menghafal siswa, namun terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik internal ataupun eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kreatifitas; Pengelolaan Kelas; Kemampuan Menghafal | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:10 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45294 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |