Jatmiko, Ginanjar Sigit (2010) Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) Siswa MTs Negeri Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110020.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepala Madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam menjadikan siswa yang sukses dalam bidang akademik dan akidah maupun akhlaknya. Survei membuktikan bahwa hampir disetiap madrasah memandang keberhasilan kepala madrasah dilihat dari output madrasah secara nilai akademik atau intelektualnya saja, dan mengesampingkan faktor SQ (Spiritual Quotient), padahal banyak orang tua siswa yang berharap agar anaknya yang nakal atau bermasalah dapat teratasi dengan di sekolahkan di MTs. Hal ini perlu ada peninjauan secara khusus yang dilakukan dengan sebuah penelitian, dimana dalam peneliti ini kami melihat ada suatu masalah yang sangat menarik dibalik peran seorang kepala madrasah dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) siswa khususnya di MTs Negeri Kepanjen Malang.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, fenomenologis dan berbentuk diskriptif. Peneliti menggunakan metode kualitatif karena ada beberapa pertimbangan antara lain, menjelaskan menyesuaikan metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataankenyataan ganda, metode ini menyajikan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dan responden, metode ini lebih reka dan lebih dapat menyesuaikan diri dengan banyak penajaman pengaruh bersama dan terhadap polapola nilai yang dihadapi. Penelitian diskriptif adalah penelitian yang menggambarkan isi data yang ada dalam penelitian ini yaitu peran kepala madrasah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient) siswa. Sedangkan fenomenologis adalah aspek subyektif dari perilaku yang mana peneliti berusaha untuk masuk ke dalam dunia konseptual yang diteliti sehingga peneliti mengerti apa dan bagaimana suatu pengertian yang dikembangkan disekitar peristiwa dalam kehidupannya sehari hari. Bagi peneliti fenomena dapat dimengerti maknanya secara baik apabila dilakukan interaksi dengan obyek melalui wawancara mendalam dan observasi pada obyek dimana fenomena tersebut sedang berlangsung. Oleh karena itu observasi, wawancara dan angket dalam penelitian kualitatif merupakan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data. Untuk melengkapi data yang telah diperoleh melalui wawancara, angket dan observasi ditambah dengan dokumentasi.
Diantara peran kepala madrasah yang pertama adalah sebagai educator yang bertugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien disamping juga memberikan motivasi keagamaan yang dapat melejitkan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient) siswa, peran yang kedua adalah sebagai manajer pendidikan yang bertugas sebagai pemantau dan pemonitoring kegiatan akademik maupun keagamaan yang berada disekolah, kepala sekolah dapat memantau dengan melihat laporan dari bawahan. Peran yang ketiga adalah sebagai supervisi yang bertugas sebagai motivator dan selalu mengadaan pembinaan terhadap staf guru dan karyawan agar apa yang dicitacitakan dapat tercapai dengan baik. Peran yang keempat adalah sebagai leader (pemimpin) yang bertugas untuk mengarahkan, memantau serta memberikan solusi yang tepat pada setiap permasalahan yang dihadapi. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW bahwa kepribadian kepala madrasah sebagai leader akan tercermin dalam sifatsifat (1) jujur, (2) percaya diri, (3) tanggung jawab, (4) berani mengambil resiko dan keputusan, (5) berjiwa besar, (6) emosi yang stabil, (7) teladan.
Usaha kepala sekolah MTs Negeri Kepanjen dalam mengotimalkan kecerdasan spiritual pada Siswa diantaranya adalah pertama, Setiap pagi sebelum bel masuk berbunyi, diputar lagulagu islami atau ayatayat suci al Qur’an. Kedua, Sebelum pelajaran atau kegiatan PBM dilaksanakan wajib membaca al Qur’an dan berdoa. Ketiga, sebelum guru menyampaikan materi kepada siswa, guru harus menyampaikan pesan / mengingatkan siswa agar para siswa lebih meningkatkan ibadah dan melaksanakan perintah agama pada awal dan akhir pelajaran. Keempat, Setiap hari diadakan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjama’ah dengan rolling tiap kelas. Kelima, kepala madrasah menambah jam pelajaran bagi siswa yang lamban dalam membaca Alqur’an. Keenam, Memberikan skor terhadap siswa yang melalaikan sholat berjama’ah.
Faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient) siswa antara lain : dukungan dari para guru yang mempunyai kedisiplinan dan keteladanan serta adanya dana operasional yang mendukung, sedangkan faktor penghambatnya adalah sarana prasarana yang masih dalam proses pembangunan, sehingga mengakibatkan masih terkendalanya kegiatan. Selain itu, kendala yang lain adalah kurangnya kesadaran diri dari orang tua dalam pemantauan siswa untuk mengingkatkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) putra putrinya.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran kepala madrasah dapat menentukan peningkatan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient) siswa dimana kepala madrasah harus menggunakan berbagai macam strategi agar anak dapat terpantau dalam aktivitas spiritualnya beserta belajarnya. Kepala madrasah menyadari bahwa usaha yang dilakukan baru dapat mengobati di kulit luar nya saja, belum sampai pada akar permasalahannya, oleh karena itu agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal harus ada kerja sama dan dukungan dari berbagai macam pihak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Madrasah; Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:09 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45288 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |