Sholikah, Sholikah (2010) Efektifitas Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Manbail Futuh Beji Jenu Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05120044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan pada hakekatnya tidak sekedar mengarahkan anak didik pada aspek kognitif saja, akan tetapi aspek-aspek lain juga perlu dikembangkan termasuk kemampuan anak didik dalam hal akhlakul karimah. Berkenaan dengan pembinaan akhlakul karimah, pondok pesantren merupakan salah satu lembaga yang paling relevan untuk membina akhlakul karimah anak didik (santri). Pembelajaran yang dikembangkan oleh pondok pesantren adalah upaya dalam menciptakan kader-kader bangsa yang memiliki integritas tinggi dalam bidang akhlak dan moral.
Sehubungan dengan pembinaan akhlakul karimah ini penulis memilih pondok pesantren Manbail Futuh Beji Jenu Tuban sebagai lokasi penelitian. Hal ini dikarenakan pondok pesantren ini merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang arah pengajarannya mengakar pada nilai-nilai Islam dan mempunyai konsep integral (gabungan) antara asrama dan sekolah. Sehingga santri yang sekolah di lingkungan pondok pesantren Manbail Futuh harus tinggal di pondok pesantren. Dengan demikian santri biasa mendapat lingkungan yang Islami, yang sangat dibutuhkan dalam pembinaan akhlakul karimah.
Berdasar pada informasi dan persoalan di atas, maka dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat judul Efektifitas Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Manbail Futuh Beji Jenu Tuban.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan akhlak di pondok pesantren Manbail Futuh Beji Jenu Tuban, untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam pendidikan akhlak di pondok pesantren Manbail Futuh Beji Jenu Tuban, dan untuk mengetahui efektifitas pendidikan akhlak di pondok pesantren Manbail Futuh Beji Jenu Tuban.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasannya pendidikan akhlak di pondok pesantren Manbail Futuh Beji Jenu Tuban sudah efektif karena santri telah mengaplikasikan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari secara bertahap. Hal ini tercermin dari keakraban santri baik dengan pengasuh, asatidz/ah, pengurus, dan santri lainnya; taat dan patuh pada pengasuh; sabar dan ikhlas; disiplin; gotong royong; mandiri dalam memenuhi keperluannya; sederhana dalam berpakaian dan bersikap; dan sebagainya. Kalaupun ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Efektifitas; Pendidikan Akhlak; Pondok Pesantren | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:29 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45186 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |