Lismawati, Lismawati (2010) Pengoptimalan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai sarana Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA. Raudlatul Ulum Kapedi-Sumenep,. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05110227.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (884kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Untuk menunjang peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam dibutuhkan media pembelajaran yang efektif berdasarkan kebutuhan dan signifikansinya. Pada penelitian ini penulis meneliti peran media pembelajaran lembar kerja siswa sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Sumenep.
Peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMA Raudlatul Ulum merupakan upaya yang urgen mengingat kebutuhan pengetahuan keagamaan masyarakat. Namun kenyataan yang terjadi prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMA Raudlatul Ulum kurang memuaskan. Dalam artian belum mumpuni untuk dijadikan dasar pijak kehidupan. Yang paling sederhana untuk menerima statemen ini adalah dari sejumlah guru yang ada. Di mana terjadi ketidakpuasan terhadap prestasi kuantitatif yang dihasilkan oleh siswa. Dari itu kemudian guru pengajar pendidikan agama Islam merasa terpanggil untuk menggunakan lembar kerja siswa sebagai media pembelajaran untuk menunjang peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Karena di dalam Lembar Kerja Siswa LKS kurang lebih 90 % dari isi keseluruhan buku adalah soal-soal. Baik pilihan ganda maupun soal isian yang tidak tersedia jawabannya. 10 % sisanya terdiri dari rangkuman pokok pembahasan secara singkat
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penggunaan media lembar kerja siswa Pendidikan agama Islam yang diterapkan di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Sumenep dan juga Untuk mengetahui pengoptimalan penggunaan lembar kerja siswa sebagai sarana peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Raudlatul Ulum Kapedi- Sumenep.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan observasi dan wawancara sebagai sumber data, dokumen dan arsip yang relevan menjadi objek kajian. Observasi dilakukan di SMA Raudlatul Ulum Kapedi-Sumenep. Data yang diperoleh melalui observasi kemudian dikonsultasikan pada praktisi pendidikan di sekolah tersebut untuk mendapatkan pembenaran. Kemudian dilakukan wawancara dengan siswa dan guru pengajar pendidikan agama Islam untuk mendapatkan pengakuan tentang penggunaan lembar kerja siswa sebagai media pembelajaran.
Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan bahwa lembar kerja siswa merupakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMA Raudlatul Ulum Kapedi-Sumenep. LKS berperan penting dalam meningkatnya prestasi Pendidikan Agama Islam di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Bluto Sumenep. LKS tidak sekedar membantu memahami dan memudahkan belajar siswa. Tetapi menjadi media praktis untuk menghadapi ujian. Dan otomatis Siswa mengalami peningkatan prestasi belajar melalui optimalisasi pemanfaatan LKS dalam bidang materi Pendidikan Agama Islam di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Bluto Sumenep.
Untuk mendapatkan hasil pemanfaatan LKS yang optimal, guru menjadikan LKS sebagai sarana belajar siswa di luar sekolah. Guru meminta seluruh siswa mempelajari terlebih dahulu tentang pokok bahasan yang akan berlangsung pada pertemuan yang berikutnya, serta meminta siswa untuk menjawab soal-soal yang tersedia. Baik soal pilihan ganda maupun essay
ABSTRACT
To support the promotion of learning achievement of Islamic religious education is needed for effective learning media based on necessity and significance. In this study the author examines the role of instructional media student worksheets in an attempt to improve academic achievement Islamic education Raudlatul Ulum high school students of class X Kapedi Sumenep.
Improving the academic achievement of Islamic religious education in high school Raudlatul Ulum is an urgent effort to remember the needs of the community of religious knowledge. But the reality of the matter of Islamic religious education learning achievement Raudlatul Ulum high school are unsatisfactory. In a sense not yet qualified to be the foundation of departure of life. The most simple way to accept this statement is from a number of existing teachers. Where there is dissatisfaction with the quantitative achievements produced by the students. From the later teachers of Islamic religious education teachers feel compelled to use the student worksheets as a learning medium to support the promotion of Islamic religious education learning achievement. Because in the Student Worksheet student worksheets approximately 90% of the overall content of the book are the questions. Both multiple choice and a matter field which is not available answer. 10%, the rest consisting of brief summaries of key discussion
The purpose of this study is to identify students' media use worksheets that apply Islamic religious education in Raudlatul 'Ulum high school class X Kapedi Sumenep and also to determine the academic achievement of Islamic Religious Education Islam of Raudlatul' Ulum high school students of class X Kapedi - Sumenep with using a media student worksheets.
Research by the author of this is included in the descriptive qualitative research using observation and interviews as sources of data, documents and records relevant to the object of study. Observations made at the Raudlatul Ulum high school class X Kapedi -Sumenep. Data obtained through observation and then consulted on the school's educational practitioners to obtain justification. Then conducted interviews with students and teachers of Islamic religious education teachers to gain recognition on the use of student worksheets as a medium of learning.
The results obtained conclude that the student worksheet is a medium of learning that can improve the academic achievement of Islamic religious education Raudlatul Ulum senior high school students in the class X Kapedi - Sumenep. Even if students have not been able to systematically tell about the role of Islamic religious education student worksheet but they indirectly acknowledged that student worksheet plays an important role in increasing achievement Islamic Religious Education at the Raudlatul 'Ulum high school class X Kapedi Bluto Sumenep. Student worksheet does not just help you understand and facilitate student learning. But it became a practical medium for the exam. And automatic learning achievement of students has increased by optimizing the use of student worksheet in the field of Islamic Religious Education materials in class X Raudlatul 'Ulum high school Kapedi Sumenep Bluto.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peningkatan,; Prestasi Belajar; Lembar Kerja Siswa; Pendidikan Agama Islam; Increase, Study Achievement, Student Worksheet, Islamic n Education | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:31 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45116 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |