Ningsih, Mariati (2010) Upaya Guru Agama dalam meningkatkan Prestasi Belajar PAI siswa kelas 2 MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110056.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (828kB) |
Abstract
ABSTRAK
Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar PAI siswa MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang diperlukan adanya upaya-upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang, karena siswa MA Al-Ittihad masih sangat perlu mendapat bimbingan dalam pelajaran PAI . Adapun upaya-upaya tersebut diberikan bagi siswa yang sukar dalam menerima mata pelajaran.
MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang merupakan salah satu sekolah madrasah aliyah yang terbaik mengungkapkan bagaimana guru agama dalam meningkatkan prestasi belajar di Poncokusumo yang memiliki tujuan agar siswanya mampu membentuk lingkungan islami yang kondusif bagi anak didiknya. Oleh karena itu peneliti ingin mencoba PAI siswa MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang.
Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan prestasi belajar PAI siswa di MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang, upaya guru agama dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang, kendala guru agama dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang dan solusi guru agama dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang.
Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari interview dari pihak-pihak yang terkait.
Dari penelitian ini diperoleh dari sebuah kesimpulan bahwa: pertama, prestasi belajar PAI siswa kelas 2 MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang prestasi belajarnya sudah memenuhi standar yang telah ditentukan meskipun ada dari beberapa siswa yang prestasinya belum memenuhi standar. Kedua, Upaya guru agama dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas 2 MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang, dilakukan dengan tiga cara antara lain: upaya guru melakukan kerja sama dengan orang tua siswa, upaya guru memberi jam tambahan,upaya guru mengaktifkan kelas. Ketiga, Kendala guru agama dalam upaya meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas 2 MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang antara lain: siswa tidak memiliki LKS sendiri dan tidak memiliki catatan dan juga tidak memiliki foto copy, sarana yang dimiliki Madrasah belum lengkap, siswa sering terlambat masuk kelas, siswa ramai sendiri ketika mata pelajaran sedang dijelaskan dan sebagainya. Keempat, solusi yang dilakukan guru agama dalam upaya meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas 2 MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang antara lain: siswa dianjurkan memiliki LKS dan catatan, menyampaikan saran kepada kepala sekolah agar segera dilengkapi, siswa diharuskan tepat waktu ketika masuk kelas, guru agama memberi peringatan kepada siswa yang ramai dan memberi pengawasan yang ketat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru Agama; Prestasi Belajar PAI Siswa | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 11:02 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 11:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45018 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |