Masita, Dewi (2010) Strategi Pengembangan Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari . Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05110044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (854kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Keberadaan suatu lembaga pendidikan selalu ingin menghasilkan out put yang baik, berkualitas, dan bisa diandalkan. Hal ini terlihat salah satunya dengan tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Dari sini banyak cara yang diupayakan pihak sekolah agar bisa maju dan memiliki kualitas pendidikan yang bagus, atau minimal sekolah yang memiliki nilai atau ciri tersendiri dibandingkan sekolah-sekolah lain.
Melihat fenomena yang ada, maka peneliti tertarik untuk meneliti keberadaan sekolah tersebut. sehingga dapat penulis paparkan tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan strategi pengembangan pendidikan agama Islam yang diterapkan oleh sekolah tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, faktor apa saja yang dirasa mendukung dan menghambat dalam proses kegiatan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula, yaitu berupa pemaparan dan penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Untuk mendukung pemaparan data, penulis juga menyertakan berbagai lampiran yang terkait dengan penelitian ini.
Adapun hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: pelaksanaan strategi pengembangan pendidikan agama Islam di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari ini sudah bagus, terbukti dengan adanya program yang direncanakan dan dilaksanakan sekolah dalam rangka menciptakan suasana lingkungan sekolah yang Islami, seperti: perilaku masyarakat sekolah yang baik, berbudi pekerti yang luhur, lingkungan sekolah yang bersih. Dalam mewujudkan program tersebut, banyak strategi yang ditempuh, salah satunya adalah penyusunan program pengembangan PAI, baik di dalam kegiatan belajar mengajar (di Kelas) maupun diluar kegiatan pembelajaran, namun hal itu juga tidak terlepas dengan adanya faktor-faktor yang menghambat proses pengembangan PAI, salah satunya adalah dari latar belakang lingkungan siswa yang heterogen serta kurangnya kesadaran siswa untuk berdisiplin. Namun adanya kekurangan tersebut, dari pihak sekolah selalu mengupayakan mencari solusi guna perbaikan serta pembuatan program selanjutnya, hasil pelaksanaan tersebut sedikit banyak telah memenuhi target dari tujuan yang telah ditentukan, yaitu adanya perkembangan perolehan yang baik pada nilai akhir ujian dari siswa, serta diikuti pula dengan adanya perubahan pola tingkah laku siswa yang mencerminkan nilai-nilai ajaran Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Startegi; Prestasi Belajar | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 11:01 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 11:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45001 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |