Lestusen, Fahmi Ahmad (2010) Aplikasi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Batu RSBI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110220.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (515kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Guru merupakan faktor yang dominan dan paling penting dalam pendidikan formal, apalagi guru agama sangat besar perannya dalam meningkatkan spiritual dan mental keagamaan yang ada pada diri siswa. Seorang guru agama memiliki tanggung jawab yang besar, karena seorang guru tidak semata-mata mentrasfer ilmu saja, akan tetapi sebagai pendidik dan pembimbing.
Dalam Aplikasi manajemen pembelajaran untuk meningkatkan kulaitas pembelajaran PAI, guru merupakan faktor yang paling dominan dan paling bertanggung jawab dalam hal ini. Guru memiliki posisi yang sangat penting dan strategi dalam pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik, sehingga pada diri gurulah kejayaan dan keselamatan masa depan bangsa dengan penanaman nilai-nilai dasar yang luhur sebagai cita-cita pendidikan nasional dengan membentuk kepribadian sejahtera lahir dan batin, yang ditempuh melalui pendidikan agama dan pendidikan umum. Maka dari itu pendidik harus mampu mendidik diberbagai hal, agar ia menjadi pendidik yang profesional, sehingga mampu mendidik peserta didik dalam kreativitas dan kehidupan sehari-harinya.
Dari latar belakang peneliti paparkan diatas, maka skripsi ini yang berjudul “Aplikasi Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Batu RSBI”. Di rumuskan sebagai berikut; 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Batu RSBI, 2) Bgaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Batu RSBI, 3) Bagaimana penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Batu RSBI.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Batu RSBI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi ini kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analitik. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis dan dapat disimpulkan bahwa, adanya aplikasi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Batu RSBI dengan beberapa hal diantaranya, yang Pertama, merencanakan pembelajaran yang meliputi; 1) Membuat silabus, 2) Membuat RPP, 3) Menggunakan media, 4) Menerapkan strategi/ metode pembelajaran, Kedua, pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan yang Ketiga, Melakukan penilaian pembelajaran Pendididkan Agama Islam (PAI). Semua yang telah dilakukan oleh guru di SMP Negeri 1 Batu RSBI telah mencapai target dengan adanya; prestasi siswa yang meningkat, siswa mampu bekerja sama, adanya pembelajaran yang menyenangkan dan mampu mengkontekstualkan hasil pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru; Manajemen Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 11:14 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2023 11:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44973 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |