Saifurrijal, Nanang (2010) Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar di Madrasah Aliyah Alhayatul Islamiyah Kedung Kandang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03110055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam suatu lembaga pendidikan, prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tinggi rendahnya prestasi siswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain disamping proses pengajaran itu sendiri salah satunya dipengaruhi oleh motivasi belajar. Motivasi adalah daya upaya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu atau daya penggerak dari subyek untuk melakukan suatu perbuatan dalam suatu tujuan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat motivasi belajar siswa, bagaimanakah tingkat prestasi belajar siswa dan adakah hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas III Madrasah Aliyah Alahatul Islamiyah Kedung Kandang Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tingkat motivasi belajar, prestasi belajar, dan ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Madrasah Aliyah Alahatul Islamiyah Kedung Kandang Malang berjumlah 32 siswa. Karena kurang dari 100 responden maka peneliti menggunakan penelitian populasi, dengan sample 32 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa sebagai variabel bebas serta pretasi belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket.
Dari hasil peneltian yang dilakukan bahwa motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Alahayatul Islamiyah Kedung Kandang Malang didapatkan tiga kategori, yaitu: tinggi, sedang, rendah. tingkat motivasi belajar siswa kelas III Madarasah Aliyah Alhayatul Islamiyah yang paling tinggi berada pada kategori sedang yaitu 17 responden atau 53.125 %, dilanjutkan dengan tingkat motivasi belajar tinggi yaitu 10 responden atau 31.25%. Sedangkan untuk 5 dari 32 responden yang diteliti mempunyai motivasi belajar yang rendah dengan prosentase 15.625. tingkat prestasi belajar siswa kelas III Madarasah Aliyah Alhayatul Islamiyah yang paling tinggi berada pada kategori sedang yaitu 22 responden atau 68.75 %, dilanjutkan dengan tingkat prestasi belajar tinggi yaitu 6 responden atau 18.75%. Sedangkan untuk 4 dari 32 responden yang diteliti mempunyai prestasi belajar yang rendah dengan prosentase 18.75%. Hasil pengujian dengan menggunakan program SPSS diketahui nilai signifikansi untuk variabel motivasi sebesar 0.704 sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar atau Ha diterima. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis dengan menggunakan spss yang menunjukan nilai rhitung 0.704 sedang rtabel 0.000. Dikatakan signifikan atau mempunyai hubungan apabila
rhitung lebih besar dari rtabel dengan taraf kesalahan 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Prestasi Belajar | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 15:32 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 15:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44902 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |