Mas'udah, Mas'udah (2009) Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada KPRI Universitas Brawijaya Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04610075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (893kB) |
Abstract
ABSTRAK
Kepuasan kerja merupakan keadaan emosional karyawan dimana terjadi ataupun tidak terjadi titik temu antara nilai balas jasa karyawan dari perusahaan atau organisasi dengan tingkat nilai balas jasa yang memang diinginkan oleh karyawan yang bersangkutan. Dalam rangka meningkatkan kepuasan kerja karyawan, banyak cara yang dapat dilakukan oleh manajer. Salah satunya dengan cara meningkatkan penilaian prestasi kerja, pada antar karyawan.
Penelitian ini menganalisis penilaian prestasi kerja yang terjadi di KPRI Universitas Brawijaya Malang dalam kaitannya dengan kepuasan kerja karyawan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda, dimana variabel dependen (Y) adalah kepuasan kerja karyawan, sedangkan variabel independen (X) adalah penilaian prestasi kerja yang identifikasi dengan item kualitas kerja (X1), ketangguhan (X2), sikap kerja (X:). Sampel yang digunakan adalah 33 karyawan.
Hasil pengujian menggunakan regresi berganda menemukan bahwa secara bersama-sama variabel penilaian prestasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hal tersebut hasil analisis didapat nilai F hitung sebesar 49.1702 F tabel 2.93 dan teruji pada 4 - 5 dan membuktikan bahwa variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat. Sementara hasil pengujian uji t menunujukkan bahwa variabel kualitas kerja (X1) mempunyai pengaruh yang paling dominan dengan t hitung paling besar 2.372 2 t tabel 1.697 dan dengan signifikan terkecil 0.025, sedangkan analisis regresi menujukkan hasil konstanta sebesar 8.259. Hasil pengujian ini menjelaskan bahwa penilaian prestasi kerja pada antar karyawan berperan dalam meningkatkan kepuasan pada karyawan KPRI Universitas Brawijaya Malang.
ABSTRACT
Job satisfaction is emotional condition pleasing in which the employee looks at their job. Job satisfaction shows someone feeling to their job. This is employee's positive impact toward their job and all of thing faced in their work environment. In increasing employee job satisfaction, there are many ways that can be done by manager. One of them is increasing appraisal of labor capacity among employees.
This research is explanatory guantitative research. This research analyses the appraisal of labor capacity happened at KPRI of Brawijaya University of Malang in the relation with employee's job satisfaction. Testing is done by using doubled lincar regression, where variable dependent (Y) as employee's job satisfaction, while variable independent (X) as appraisal of labor capacity which is identified with job guality item (Xi), toughness (X), and job position (X:). Samples applied is 33 employees.
From the research result found that jointly appraisal variable of labor capacity influences significantly to the employee job satisfaction. From the result of the analysis gotten F count 49.1702 F table 2.93 and tested at 4 - 5/4 and it proves that independent variable influences simultaneously to the dependent variable. While, testing result of t shows that variable of job guality (X1) has dominant influence with the hinghes t count 2372 2 t table 1.697 and with lowest significat 0.025, whereas regression analysis shows that the constant result explains that appraisal of labor capacity among employees stands in increasing the employee's satisfaction at KPRI of Brawijaya University of Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Jamal Lulail | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penilaian Prestasi; Kepuasan Kerja Karyawan; Achievement Appraisal; Employee's Job Satisfaction | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 13:21 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 13:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44850 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |