Rusydiyah, Hilyatu Millati (2009) Analisis implementasi Pemasaran Syariah pada produk KPR: Studi pada BTN Syariah Kantor Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610035-Indonesian.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (797kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Munculnya sistem ekonomi syariah di Indonesia menjadi sebuah peluang besar yang perlu dikembangkan, mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama Islam. Pertumbuhan Perbankan Syariah yang begitu pesat tidak terlepas dari peran pemasaran syariah yang diterapkan di dalamnya. Penerapan prinsip syariah dalam perbankan saat ini selayaknya tidak hanya diterapkan pada aspek keuangan saja dengan sistem bagi hasilnya. Akan tetapi juga pada sistem pemasarannya. Saat ini pemasaran telah mengalami pergeseran paradigma di mana segmen pasar diidentifikasi tidak hanya berdasarkan rasionalitas dan emosionalitas saja, akan tetapi juga spiritualitas.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif, dengan pendekatan kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, karena pada penelitian ini penulis mendiskripsikan implementasi pemasaran syariah pada produk KPR.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa dalam prakteknya, implementasi pemasaran syariah pada produk KPR telah diterapkan oleh Bank BTN Syariah, dilandasi oleh prinsip yang kuat untuk tidak menghalalkan segala cara dalam praktek pemasaran. Implementasi pemasaran syariah pada Bank BTN juga tercermin pada kegiatan segmentasi, targetting, dan positioning yang banyak mengadopsi perilaku bisnis Nabi Muhammad pada zaman dahulu yang mengedepankan adanya perencanaan yang matang, proses, dan kejujuran dalam bertransaksi. Hal ini telah menciptakan kepercayaan nasabah kepada Bank BTN Syariah terbukti dengan adanya persepsi positif mereka terhadap pelayanan yang ada di Bank BTN Syariah. Faktor-faktor yang mendukung implementasi pemasaran syariah pada produk KPR oleh BTN Syariah antara lain adalah trend positif perkembangan perbankan syariah saat ini, serta semakin familiar-nya sistem ekonomi Islam yang mulai diterapkan oleh berbagai kalangan masyarakat. Sedangkan faktor yang menghambat implementasi pemasaran syariah pada produk KPR oleh BTN Syariah adalah keterbatasan pemahaman nasabah tentang konsep syariah yang diimplementasikan dalam pemasaran.
ABSTRACT
The existance of syariah economic system in Indonesia is a great opportunity that must be developed, considering that the majority of Indonesia population are muslims. The rapid growth of syariah banking can not be separated from the marketing syariah role applied in the bank. The application of syariah principle in banking system today, should not only be applied in financial aspect with its production profit sharing, but also in its marketing system. The marketing today has shifed its paradigm in which the market segmen identified not only base on rasionality as well as emotionality, but also spirituality.
This research is a descriptive research using a qualitative approach. The data used are primary and secondary. The techniques of data collection used are interview, observation, and documentation, and the methode of data analysis used is the descriptive analysis because in this research the researcher describes the implementation of Syariah marketing in KPR product.
The result of this research shows that in practice the implementation of syariah marketing in KPR product was applied by BTN Syariah based on the powerful principle not to do use the forbidden ways in the marketing practices. The implementation of syariah marketing in BTN is also reflected in the segmentation, targetting, dan positioning activities which mostly adopt the business activities of prophet Muhammad PBUH that give priority to the best planning, process, and honesty in transaction. All of these result in customer’s trust to BTN Syariah Bank, and this is can be proven by their positive perception to the BTN Syariah Bank services. The factors that support the implementation of syariah marketing in KPR product are such those as positive trend of Syariah Banking development nowaday and the Islamic economy system applied in society is more known. The factor that became the barrier of the implementation of syariah marketing in KPR product of BTN Syariah is customer comprehension limitation about the syariah concept applied in marketing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djalaluddin, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Pemasaran Syariah; KPR;Implementation; Syariah Marketing; KPR | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 14:45 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 14:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44573 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |