Sari, Novita (2009) Komunikasi Pemasaran produk pembiayaan Dana Talangan Haji pada Bank Syariah Mandiri Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05610020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (883kB) |
Abstract
ABSTRAK
Di era globalisasi informasi saat ini, keberadaan informasi menjadi penting, bahkan diakui bahwa informasi bisa dijadikan komoditi yang turut diperhitungkan dalam penentuan kebijakan dan dasar bisnis ekonomi yang dilakukan manusia, baik secara sengaja atau tidak. Akibat pertumbuhan informasi yang semakin cepat hingga menyebabkan dunia mengalami perubahaan. Pesatnya perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi menjadi salah satu faktor dominan yang menyebabkan perubahan dalam lingkungan bisnis dan pemasaran. Komunikasi pemasaran adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasraan. Karena dengan melakukan komunikasi maka perusahaan melakukan proses edukasi terhadap pasar dengan produknya.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif, dengan pendekatan kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam kepada Marketing Funding dan Marketing Analisis, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, karena pada penelitian ini penulis mendiskripsikan komunikasi pemasaraan.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa Bank Syariah Mandiri Cabang Malang dalam membangun komunikasi pemasaran produk dana talangan haji menggunakan periklanan dengan media Radio Mitra, Poster, Lembar Tauziyah, dan Kartu Nama. Sedangkan penjualan perorangan dilakukan oleh customer service dan eksekutive officer. Untuk promosi penjualan dilakukan dengan memberikan hadiah kepada nasabah baru dan nasabah priority-nya. Dan hubungan masyarakat, dilakukan dengan mengadadakan seminar yang bekerjasama dengan DEPAG (Departemen Agama) Kota Malang. Dari semua sarana komunikasi yang ada, yang paling sering dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Cabang Malang melalui Penjualan Perorangan, Lembar Tauziyah dan juga melakukan komunikasi Word Of Mouth (WOM).
ABSTRACT
In the era of globalization information plays an important, role moreover it is acknowledged as becoming a commodity which needs to be considered in determining policy and basic economy business, either intationally or unintaionally. The rapid growth of information causes the world changes. The rapid development of technology, especially information technology has become a dominant factor that causes changes in the business environment and marketing. Marketing communication is an important factor in the overall mission and a determiner marketing success. It is because by having communication a company is doing a education process to market using its products.
This research is descriptive research, using a qualitative approach. The data used are primary data and secondary data. The techniques voiced to called the data are close interviews concerning Funding Marketing and Marketing Analysis, observations, and documentation. While the method of data analysis used is descriptive analysis, as the author of this research describes marketing communication.
The results of the research, shows that the Bank Syariah Mandiri Malang Branch, in building marketing communications for products of talangan Hajj funds uses media Mitra's Radio, Posters, Sheet Tauziyah, and Name Card. While the individual sales are done by customer service and eksecutive officer. The sales promotion is done by giving gifts to new customers and customers of priority. Public relations, are conducted in cooperation with the Ministry of Religious Affairs (DEPAG) of Malang. Among all the means of communication available, the most frequently tools used by the Bank Syariah Mandiri Malang Branch are through Individual Sales, Sheet Tauziyah and also communication using Word Of Mouth (WOM).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rozi, M. Fatkhur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Komunikasi Pemasaran; Informasi; Marketing communication; Information | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 14:14 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 14:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44443 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |