Farid, Suhananto Miftakhul (2009) Analisis pengaruh Inovasi Nilai terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi pada PT. Utero Sinar Jaya Kreasindo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (611kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Persaingan di dunia pemasaran menuntut seorang pemasar untuk menemukan strategi alternatif agar perusahaan tetap bisa bertahan. Salah satu alternatif strategi adalah melakukan inovasi. Akan tetapi jika hanya inovasi saja tanpa diikuti oleh nilai maka inovasi yang dilakukan akan siasia. Maka dari itu inovasi harus diikuti oleh nilai yang dalam hal ini adalah nilai pelanggan. Dengan inovasi nilai diharapkan inovasi yang dilakukan mampu diterima oleh konsumen. Sebagai obyek dalam penelitian ini adalah PT. Utero Sinar Jaya Kreasindo Malang, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang periklanan.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah inovasi nilai (produk, pelayanan, karyawan, citra) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dan secara parsial manakah diantara indikator inovasi nilai (produk, pelayanan, karyawan citra) yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah inovasi nilai (produk, pelayanan, karyawan, citra) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui manakah diantara keempat indikator inovasi nilai yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji metode survey. Pengambilan sampel menggunakan rumus Maholtra yaitu empat kali jumlah instrumen sebesar 76 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, dan dokumentasi. Analisis untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikatnya menggunakan analisis regresi linier berganda.
Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa inovasi nilai berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan, yang dibentuk dari empat indikator yaitu produk, pelayanan, karyawan dan citra. Sedangkan secara parsial dapat diketahui, terdapat pengaruh yang signifikan antara indikator-indikator inovasi nilai dengan kepuasan pelanggan. Adapun indikator karyawan tidak berpengaruh secara signifikan. Dari ketiga indikator yang paling dominan pengaruhnya adalah indikator produk.
ABSTRACT
Emulation in marketing world claim a seller to find alternative strategy to be company still able to stay. One of the strategy alternative is to innovate. However if only just innovation without followed by value hence innovation will without effect. Hence from that innovation have to follow by value which in this case is customer/client value. With value innovation expected by conducted innovation can be accepted by consumer. As obyek in this research is PT. Utero Sinar Jaya Kreasindo Malang, a peripatetic company is advertisement area.
Pursuant to the background hence this research internal issue formula is: Is value innovation (product, service, employees, image) having an effect on by simultan to satisfaction of customer/client and by parsial which among value innovation indicator (product, service, image employees) what most dominant have an effect on to satisfaction of customer/client. While intention of this research is to know what is value innovation (product, service, employees, image) having an effect on by simultan to satisfaction of customer/client and to know which among is fourth of most dominant value innovation indicator influence satisfaction of customer/client.
This Research type is quantitative research type by using method test of survey. Intake of sampel use formula of Maholtra that is four times the amount of instrument equal to 76 responder. Technique data collecting the used is kuisioner, and documentation. Analysis to know influence between free variable and variable tied of using analysis of regresi doubled linear.
From result of analysis can know that innovation assess very having an effect on by simultan to satisfaction of customer/client, formed of four indicator that is product, service, image and employees. While by parsial can know, there are hand in glove influence once among innovation indicators assess with satisfaction of customer/client. As for employees indicator do not have an effect on hand in glovely From third most dominant indicator of its influence is product indicator.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Inovasi Nilai; Kepuasan Pelanggan; Regresi Linier Ganda; Innovation Value; Satisfaction Of Customer/Client; Linear Regresi Duplicate | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 14:16 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2023 11:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44398 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |