Choiriyah, Siti (2009) Efektivitas penerapan Balanced Scorecard untuk mengukur Kinerja Perusahaan: Studi pada Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam era revolusi informasi yang sedang berlangsung dewasa ini, dunia usaha menghadapi perubahan lingkungan dengan karakteristik yang berbeda dari era sebelumnya. Dalam era revolusi industri, keungguJan daya saing suatu badan usaha ditentukan oleh efisiensi dalam alokasi sumber daya atau aset berwujud yang dijabarkan dalam dimensi keuangan. Dengan demikian untuk meningkatkan mutu informasi dalam proses perumusan dan implementasi strategi, diperlukan sistem informasi multidimensional yang meliputi sistem informasi keuangan maupun non-keuangan, untuk mengkonversikan sistem informasi Kaplan dan Norton telah merancang suatu sistem pengukuran komprehensif yang terkenal dengan sebutan Balanced Scorecard.
Penelitian ini menganalisis empat Perspektif didalam Balanced Scorecard yang terdiri dari: Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertunbuhan.
Hasil dari analisis perspektif dalam Balanced Scorecard menunjukkan untuk Perspektif Keuangan prosentase ROI terus meningkat (10,97%, 15,46%, 22%). Perspektif Pelanggan yaitu: (Market Share- Rawat jalan dan UGD mengalami fluktuasi mulai dari: (6.678,5279,5.955), (Market Share Rawat inap jumlahnya meningkat terus mulai dari: 3.528, 3.627, 4.057), Customer Retention/RKI juga mengalami fluktuasi (3.048%, 3,383%, 4,038%). Perspektif Proses Bisnis Internal yaitu: GDR mengalami fluktuasi (4,39%, 4,60%, 3,89%), NDR juga mengalami fluktuasi (2,89%, 3,01%, 2,44%), RK mengalami fluktuasi (25 Orang, 20 Orang, 23 Orang), BOR mengalami fluktuasi (57,68%, 50,57%, 57,54%), BTO mengalami kenaikan terus menerus (39 orang, 45 orang, 50 orang), TOI mengalami fluktuasi (4,99%, 4,03%, 3,30%), LOS mengalami penurunan (6 hari, 5 hari, 5 hari). Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan yaitu: Employee Turnover mengalami peningkatan (22,41, 54), Employee Capabilities mengalami Fluktuasi (Jumlah training 18 kali, 14 kali dan 6 kali).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Usri, Abdul Kadir | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Balanced Scorecard | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:45 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44325 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |