Kusumawati, Nur Laili (2009) Analisis Perilaku Perawat dalam upaya meningkatkan pelayanan pasien: Studi pada Rumah Sakit Haji Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text
04610007.pdf Download (512kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kecerdasan emosi adalah suatu keterampilan emosional yang mencakup kemampuan untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan dengan orang lain. kecerdasan emosi inilah yang sangat menentukan kesuksesan seseorang. Dimana keberhasilan orang-orang sukses ditentukan dari kecerdasan emosional sebesar 80%, sedangkan kecerdasan intelektual hanya berperan 20% saja. Saat ini kecerdasan emosi menjadi skill yang sangat penting untuk dimiliki dalam usaha meraih kesuksesan personal dan profesional seseorang.
Perawat merupakan salah satu profesi kesehatan yang memberikan jasa pelayanan. Untuk itu, seorang perawat dituntut dapat memberikan pelayanan yang baik kepada pasien. Sebab kualitas pelayanan perawat kepada pasien menunkukkan citra pelayanan sebuah rumah sakit. Sehingga pengetahuan, kemampuan, dan kecerdasan emosi yang dimiliki perawat merupakan sumber daya manusia yang sangat penting artinya bagi rumah sakit. Karena dengan kecerdasan emosi itulah perawat mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada pasien.
Fokus kajian dari penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kecerdasan emosi perawat dalam upaya meningkatkan pelayanan pada pasien. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Yaitu penelitian yang penekanannya pada usaha menjawab pertanyaan penelitian melalui cara-cara berfikir formal dan argumentatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan alat analisis di atas, diperoleh bahwa pentingnya kecerdasan emosi perawat dalam melayani pasien menunjukkan bahwa kecerdasan emosi lebih berperan dalam kesuksesan seseorang daripada kecerdasan intelektual. Dalam upaya meningkatkan kecerdasan emosi perawat, pihak rumah sakit telah berupaya meningkatkan kecerdasan emosi perawat dengan mengirimkan delegasi pada pelatihan-pelatihan yang diadakan Dinas Kesehatan. Selain itu, upaya peningaktan kecerdasan emosi untuk meningkatkan pelayanan pada pasien lebih banyak dilakukan perawat dengan upaya pengendalian diri (factor menahan diri/ mengelola emosi). Dimana pengelolaan emosi yang baik ini akan berdampak positif kepada pelaksanaan tugas, peka terhadap kata hati, dan sanggup pulih kembali dari tekanan emosi.
ABSTRACT
Emotional intelligence is emotional skills including the ability to recognize, manage and encourage self-emotion also recognize other people emotion and the ability to make relation with others. The emotional intelligence of people will determine their successfulness, wich has 80% affecting-role, while 20% of it is affected by intellectual intelligent. In this time, emotional intelligence becomes very important skill to be owned to reach the successfulness of personal and people’s professionalism.
Nurse is one of the health professions giving health service. Therefore, a nurse is demanded to be able to give good service to patients. The quality of nurse’s service to the patient will reflects the hospital image, however. So that, knowledge, ability, and emotional intelligence which is had by nurse as a human resource in the hospital is very important. By having good emotional intelligence, nurse can give good service to the patient.
The focus study of this research is how to improve the nurse’s emotional intelligence in the effort of improving the service toward the patients. This research uses qualitative research by using descriptive approach. It is a research which emphasis to answer the question of research through the formal and argumentatively thinking. Technique of data collecting used by researcher is observation method, interview, and documentation.
Based on the result of analyses, it is obtained that the importance of nurse’s emotional intelligence in serving the patient indicate that emotional intelligence has more important role in achieving the successfulness of people than intellectual intelligence. In the effort of improving the nurse’s emotional intelligence, hospital has tried to improve the nurses’s emotional intelligence by sending one of the delegations to the training that is hold by public health department. Moreover, the effort in improving nurse’s emotional intelligence to improve the quality of service toward the patient is done by nurses by doing self-control (self-control factor/emotional management) in which good emotional management will give positive impact in doing the duty, sensitive into the inner feeling, and able to recover from emotional stressing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Jamal Lulail | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan emosi; Perawat; Pelayanan; Intelligence of emotion; Nurse; Service. | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:12 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 15:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43991 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |