Fuadah, Ni’matul (2008) Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam menumbuhkan minat belajar siswa di SMAN I Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110147.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Peran pendidikan penting untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur. Peningkatan dan peyempurnaan kualitas pendidikan dilakukan dengan berbagai peran, mulai dari pembenahan Sistem Pendidikan Nasional, pengaturan jenjang satuan pendidikan dan metodelogi pendidikan dengan pemantapan pendidikan yang diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan, harkat dan martabat bangsa.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana peran guru PAI dalam menumbuhkan minat belajar siswa di SMAN I Sidayu, (2) faktor-faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa di SMAN I Sidayu. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agam Islam (PAI) dalam menumbuhkan minat belajar siswa di SMAN I Sidayu, (2) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam menumbuhkan minat belajar siswa di SMAN I Sidayu.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskiptif kualitatif. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Untuk menganalisis dilakukan dengan analisis selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan data deskriptif melalui penalaran logika sistematis terhadap data (keabsahan data) dan analisis data setelah data terkumpul dengan menggunakan tehnik triangulasi (membandingkan/memeriksa, mengecek keabsahan data) dengan hasil wawancara dan hasil isi dokumen.
Hasil penelitian dilapangan (1) peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan minat belajar adalah mengembangkan perencanaan pembelajaran dari DIKNAS dengan memperhatikan kondisi dan minat anak, mengintegrasikan variasi mengajar, dengan pendekatan individual, keterbukaan, keteladanan, fungsional serta pemberian motivasi, memfasilitasi minat, bakat dengan sarana dan prasarana yang menunjang belajar, mengevaluasi perkembangan hasil belajar secara individual maupun global, bimbingan individual dalam pembelajaran Al-Qur’an. (2) faktor yang mendukung dalam menumbuhkan minat belajar siswa adalah faktor intrinsik yaitu kebutuhan dan cita-cita serta faktor ekstrinsik yaitu adanya ganjaran dan kompetisi. Faktor yang dapat menghambat minat belajar siswa antara lain: pengaruh kondisi lingkungan/teman, kondisi siswa/keluarga baik dari siswa sendiri maupun dari sekolah. Sedangkan dari pihak guru sendiri adalah jadwal pelajaran yang kurang tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Guru PAI; Menumbuhkan Minat Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2016 18:55 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2016 18:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4278 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |