Kadafi, Mohammad (2011) Manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan, yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu proses pembelajaran secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Manajemen kelas merupakan upaya mengelola siswa di dalam kelas yang dilakukan untuk menciptakan suasana atau kondisi kelas yang menunjang program pengajaran. Di samping itu, proses pembelajaran dapat terwujud dengan baik apabila terdapat interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa. Dalam manajemen kelas, guru sebagai pemeran utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar, harus senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas. Dengan adanya guru yang berkompeten dan berkualitas diharapkan mampu dalam menciptakan suasana belajar yang efektiv dan efisien di dalam kelas, khususnya pada materi PAI.
Berpijak dari latar belakang di atas, maka penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Manajemen kelas dalam proses pembelajaran PAI di SMP Islam Pasuruan, untuk mengetahui apakah dengan manajemen kelas dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI di SMP Islam Pasuruan, dan bagaimana langkah-langkah dalam manajemen kelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata bukan angka dengan tujuan menggambarkan keadaan atau kegiatan yang terjadi di lapangan (field research) dan dipilih secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna atau dipahami oleh masyarakat umum. Peneliti menggunakan purposive sample yang dilakukan dengan cara mengambil subyek bukan berdasarkan strata, random atau daerah, tetapi berdasarkan atas tujuan tertentu dengan memilih siswa kelas VIII G sebagai sample. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:1. Prosedur manajemen kelas dalam proses pembelajaran PAI di SMP Islam Pasuruan adalah sebagai berikut: (a) peningkatan kesadaran pendidik sebagai guru (b) peningkatan kesadaran siswa (c) pengenalan terhadap tingkah laku siswa (d) pembuatan kontrak sosial atau tata tertib kelas (e) menetapkan alternatif pemecahan melalui berbagai macam pendekatan dalam manajemen kelas, antara lain pendekatan manajerial dengan konsep kebebasan terbimbing dan pendekatan psikologis (pendekatan modifikasi tingkah laku, pendekatan iklim sosio-emosional, dan pendekatan proses kelompok). 2. Cara belajar siswa yang aktif di dalam maupun di luar kelas dan cara mengajar guru yang baik dengan menggunakan metode yang bervariasi serta berusaha menyediakan fasilitas yang memadai bagi siswa untuk menunjang prestasi dan belajar siswa. Di samping itu, guru juga harus memperhatikan unsur-unsur dalam efektivitas pembelajaran yang meliputi ; bahan belajar yang selalu disesuaikan dengan kebutuhan siswa, suasana belajar yang kondusif dan komunikatif antara guru dengan siswa, dan memanfaatkan media yang ada di sekolah dengan sebaik-baiknya, dengan kata lain sumber belajar tidak melalui pembelajaran di dalam kelas saja tetapi juga dapat dilakukan di luar kelas, seperti taman sekolah, musholla, laboratorium,dan sebagainya. Dengan implementasi serta langkah-langkah menajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengkomunikasian dan pengontrolan. Berdasarkan hasil analisa tersebut, maka hasil penelitian tentang manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses pembelajaran PAI siswa-siswi di SMP Islam Pasuruan, dapat disimpulkan”bahwa manajemen kelas dapat meningkatkan efektifitas proses pembelajaran PAI.
ABSTRACT
To improve the quality of education, improvement and refinement is needed in education, which is closely related to improving the quality of the learning process in operations that took place in the classroom. Therefore, a good classroom management is needed so that learning objectives can be achieved. Classroom management is an attempt to manage students in the class made to create an atmosphere or condition classes that support the teaching program. In addition, the learning process can be realized best when there is a communicative interaction between teachers and students. In classroom management, teacher in the leading role which will determine the success or failure of students in learning, must always take into consideration and create a conducive atmosphere in the classroom. With a competent and qualified teachers are expected to be able to create an atmosphere of Effective and efficient learning in the classroom, especially in material PAI.
Base of the above background, the writing of this thesis aims to determine the implementation of Management class in the learning process at the junior high PAI Islam Pasuruan, to find out if the management class can improve the effectiveness of Islamic learning in junior high PAI Pasuruan, and how the steps in the management classroom .
This study used descriptive qualitative approach, namely the collection of data in the form of words rather than numbers with the aim of describing the situation or activity that happens on the pitch (field research) and selected systematically according to the category by using language that is easily digested or understood by the general public. Researchers used a purposive sample is done by taking the subject is not based on the strata, random or area, but based on specific objectives by choosing G as a class VIII student sample. In order to obtain the required data, researchers used a technique of collecting data through observation, interviews and documentation.
From the results of research can be concluded that: 1. Classroom management procedures in the learning process in SMP Islam Pasuruan PAI are as follows: (a) increased awareness as a teacher educator (b) increase students' awareness (c) recognition of student behavior (d) making the social contract or the order of classes (e) establish alternative solutions through a variety of approaches in classroom management, among other managerial approach guided by the concept of freedom and psychological approaches (behavioral modification approach, the approach of socio-emotional climate, and group process approach). 2. Active student learning inside and outside the classroom and the way good teachers teach using the methods vary as well as trying to provide adequate facilities for students to support student learning and achievement. In addition, teachers must also consider the elements in the effectiveness of learning that includes; learning materials are always tailored to the needs of students, the atmosphere was conducive to learning and communicative between teachers and students, and media use in school as well as possible, with In other words no source of learning through learning in the classroom but also can be done outside the classroom, such as school gardens, small mosque, laboratories, and so on. With the implementation and management measures which include planning, organizing, directing, coordinating, communicating and controlling. Based on the results of this analysis, the results of research on classroom management in improving the effectiveness of the learning process PAI students in junior Islam Pasuruan, it can be concluded "that classroom management can improve the effectiveness of the learning process of PAI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Kelas; Efektivitas Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Classroom Management; Effectiveness of Learning Process of Islamic Religious Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:48 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 13:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41847 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |