Puspitarini, Winanti Diyah (2011) Dampak bencana Lumpur Lapindo terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SD Negeri Pejarakan Jabon Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (17MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Bencana Lumpur lapindo yang hingga saat ini terjadi di kabupaten Sidoarjo. Mengakibatkan dampak yang luar biasa terhadap aspek kehidupan bermasyakarat sangat besar, baik dari segi ekonomi, politik, sosial, psikologi, keamanan, juga dalam bidang pendidikan. Hilangnya sebagian sarana dan prasarana pendidikan disekolah mengakibatkan proses belajar mengajar menjadi sedikit terhambat, selain itu bisa mengakibatkan prestasi belajar siswa menurun.
Berangkat dari judul dan uraian diatas maka tujuan dari penulisan skripsi ini adalah ingin mengetahui dan mengamati lebih jauh tentang bagaiamana dampak yang ditimbulkan lumpur lapindo terhadap prestasi belajar PAI siswa selama terjadinya lumpur lapindo, serta Solusi yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam menganggulangi hal tersebut. Sehingga peneliti menuangkan dalam bentuk skripsi dengan judul Dampak Bencana Lumpur Lapindo Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Di SD Negeri Pejarakan Jabon Sidoarjo.
Untuk mencapai tujuan tersebut dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan metode pengumpulannya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian, dampak yang ditimbulkan oleh lumpur lapindo terhadap prestasi belajar PAI siswa di SD Negeri pejarakan. Adalah tidak adanya pengaruh bencana Lumpur lapindo terhadap prestasi belajar PAI siswa, dimana prestasi siswa cenderung stabil dan baik, walaupun dalam proses pembelajarannya terkendala tidak adanya ruang mushollah, bau yang tidak sedap, serta berkurangnya siswa karena mutasi mengikuti orang tuanya pindah ke daerah yang lebih aman.
Adapun solusi pembelajaran yang dilakukan oleh pihak sekolah adalah pemanfaatan media belajar yang ada dan disekitar sekolah dengan baik, metode yang dilakukan juga variatif dan peran serta semua pihak diluar lingkungan sekolah yakni diniyah sore sehingga membuat prestasi PAI siswa stabil dalam hal praktek maupun yang akhlak, dan yang terpenting motivasi yang diberikan oleh guru dan rasa kekeluargaan yang ditunjukkan setiap saat.
ABSTRACT
Lapindo mudflow disaster which until recently occurred in the district of Sidoarjo. Resulted in a tremendous impact on other aspects of life very large, both in terms of economic, political, social, psychological, safety, also in the field of education. Loss of educational facilities in schools resulted in the learning process becomes a bit retarded, but it could result in decreased student achievement.
Departing from the title and the description above, the purpose of writing this essay is to know and observe more of how the impact of the Lapindo mudflow PAI learning achievement of students during the Lapindo mud, and the solution made by the school in it. So the researchers poured in the form of thesis with the title Lumpur Lapindo Disaster Impact on Student Learning Achievement in Elementary School PAI Pejarakan Jabon Sidoarjo.
To achieve these objectives in this study, researchers used a qualitative descriptive approach, while the method of collection using the method of observation, interview and documentation.
From the research, the impact caused by Lapindo mud against PAI student learning achievement at primary school Pejarakan. Is the absence of Lapindo mudflow disaster effect on PAI learning achievement of students, where student achievement tend to be stable and well, although in the learning process is not constrained by room, odor, and reduced student because of mutation followed his parents moved to a safer area.
The learning solutions are made by the school is studying the use of existing media and schools around the well, the method also varied and the participation of all parties outside the school environment that is afternoon making PAI student achievement is stable in terms of practice and the morals, and The most important motivation given by the teacher and the sense of kinship that is shown each time.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Dampak Lumpur Lapindo; Prestasi Belajar; PAI; Impact Lumpur Lapindo; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2022 09:43 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2023 14:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41553 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |