Wati, Binti Nurdjanah Fitria (2012) Analisis butir tes mata pelajaran Fiqih kelas XII bahasa di MAN Kediri II Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kegiatan evaluasi dalam pendidikan merupakan hal yang penting disamping metode pengajaran itu sendiri. Evaluasi diadakan dengan tujuan untuk mengetahui materi yang telah diajarkan oleh pendidik dimengerti oleh siswa atau belum. Berangkat dari latar belakang itu, peneliti mengambil skripsi dengan judul Analisis Butir Tes Mata Pelajaran Fiqih Kelas XII di MAN Kediri II Kota Kediri. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif jenis evaluatif. Untuk pengumpulan data yang akan dianalisis, peneliti menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan untuk mengolah data, peneliti menggunakan product moment dan dianalisis dengan Ms. Excel sebagai alat untuk mengukur sejauh mana soal itu berfungsi secara kuantitatif.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesukaran, daya beda, validitas dan juga reliabilitas butir tes Mata Pelajaran Fiqih Kelas XII MAN Kediri II Kota Kediri. Dengan ini diharapkan dapat diketahui tentang mana soal yang baik dan tidak.
Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat kesukaran dari soal UAMBN Mata Pelajaran Fiqih MAN Kediri II Kota Kediri mayoritas memiliki tingkat kesukaran mudah yaitu ditunjukkan dengan angka tingkat kesukaran antara 0,70-1,00; (2) daya beda dari soal UAMBN Mata Pelajaran Fiqih Kelas XII MAN Kediri II Kota Kediri memiliki daya beda lemah ditunjukkan lebih dari separuh jumlah soal yang berada antara nilai +0,200-0; (3) validitas dari soal UAMBN Mata Pelajaran Fiqih Kelas XII MAN Kediri II Kota Kediri sangat rendah berdasarkan hasil analisis, sebab berada antara 0,00-0,200; (4) reliabilitas dari soal UAMBN Mata Pelajaran Fiqih Kelas XII MAN Kediri II Kota Kediri memiliki reliabilitas tinggi berdasarkan hasil analisis ditunjukkan dengan nilai reliabilitas 0,999055683.
Dari hasil penelitian ini, diberikan saran sebagai berikut : (1) tingkat kesukaran jika ditinjau berdasarkan dari hasil analisis, diketahui banyak soal yang jelek dan ditolak. Untuk itu soal yang jelek hendaknya dibuang, sedangkan soal yang baik masuk ke dalam bank soal; (2) daya beda jika ditinjau berdasarkan dari hasil analisis, diketahui banyak soal yang memiliki daya beda lemah. Hal ini menunjukkan bahwa banyak soal jelek. Itu artinya soal ditolak dan harus dibuang. Untuk itu soal yang baik hendaknya masuk ke dalam bank soal; (3) validitas hasil analisis pada soal UAMBN Mata Pelajaran Fiqih menunjukkan bahwa mayoritas dari angka validitas menunjukkan sangat rendah. Untuk mengatasi hal ini perlu diadakan perbaikan. Untuk itu soal yang validitasnya tinggi harus dipertahankan dan (4) reliabilitas hasil analisis pada soal UAMBN Mata Pelajaran Fiqih menunjukkan angka cukup tinggi. Hal ini perlu dipertahankan. Akan tetapi berdasarkan kualitas perlu adanya pengecekan secara berulang-ulang.
ABSTRACT
The evaluation in education is an important addition to methods of teaching itself. Evaluation was held in order to find material that has been taught by educators understood by the students or not. Departing from that background, the researchers took the thesis with the title Subject Test Item Analysis Fiqh Class XII in Kediri MAN II Kediri. This study included in the quantitative type of evaluative research. For the collection of data to be analyzed, the researchers used a method of documentation. While to process the data, researchers and analyzed using product moment with Ms. Excel as a tool to measure the extent of that function quantitatively.
The purpose of this study was conducted to determine the level of difficulty, different power, validity and reliability of the test items Fiqh Lesson XII Class II MAN Kediri Kediri. With this expected to be known about where the problem of good and not.
The purpose of this study was conducted to determine the level of difficulty, different power, validity and reliability of the test items Fiqh Lesson XII Class II MAN Kediri Kediri. With this expected to be known about where the problem of good and not.
From these results, suggestions are given as follows: (1) if the review is based on the difficulty level of the analysis, much is known about the poor and rejected. For that matter the bad should be thrown away, while a good question into the question bank, (2) the difference if evaluated on the basis of the results of the analysis, known to many different questions that have weak power. This suggests that much about the ugly. That means the matter is rejected and must be discarded. For that matter a good bank should enter into the matter, (3) the validity of the analytical results UAMBN Subject matter of jurisprudence shows that the majority of the figures show very low validity. To overcome this the necessary repairs. For that matter a high validity should be maintained and (4) the reliability of analytical results in a matter of jurisprudence UAMBN Subjects showed relatively high numbers. This needs to be maintained. However, based on the qualities necessary to check repeatedly.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | tingkat kesukaran; daya beda; validitas dan reliabilitas; Degree of Difficulty; Different Power; Reliability and Validity | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 11:00 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 11:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41414 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |