Alfany, M. Mukhoffin (2016) Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar dalam proses pembelajaran IPS kelas VIII MTs Negeri Jabung Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12130008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Salah satu indikator dan tolak ukur keberhasilan siswa dalam proses belajar adalah hasil belajar. Hasil belajar itu sendiri merupakan suatu kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa tersebut mengalami aktivitas belajar. Salah satu faktor yang ada di luar individu yang mempengaruhi hasil belajar adalah tersedianya media pembelajaran yang memberi kemudahan bagi individu untuk mempelajari materi pembelajaran, sehingga menghasilkan belajar yang lebih baik. Penggunaan media pembelajaran yang efektif akan berpengaruh terhadap hasil belajar.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui frekuensi pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT dalam proses pembelajran IPS kelas VIII MTsN Jabung Blitar, Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTsN Jabung Blitar, dan pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif (Korelasional) yaitu penelitian hubungan sebab akibat (Kausal korelation).
Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Frekuensi pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT dalam pembelajaran IPS kelas VIII di MTsN Jabung Blitar dapat dikatakan tinggi. Dan jenis media pembelajaran berbasis ICT yang sering di manfaatkan oleh guru adalah LCD, Laptop/komputer, film/vidio, Aplikasi Pembelajaran, dan internet, sedangkan untuk pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT selain itu hampir tidak pernah dilakukan oleh guru IPS. 2) Perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN Jabung Blitar tergolong baik. Hal ini dibuktikan kategori sangat baik dengan skor 87-100 sebanyak 16 siswa dari sampel yang berjumlah 151 siswa, untuk kategori baik sebanyak 72 siswa dari sampel yang berjumlah 151 siswa, dan untuk kategori cukup dengan skor 75-80 sebanyak 63 siswa dari sampel yang berjumlah 151 siswa, dan untuk kategori kurang dengan skor 69-74 berjumlah o siswa dari sampel yang berjumlah 151 siswa. 3) Dari hasil pengujian hipotesis dengan uji parsial (Uji t) dan simultan (Uji F) menunjukkan bahwasanya ada pengaruh positif signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII di MTsn Jabung Blitar.dengan besar sumbangan 28,8% sumbangan yang diberikan pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTsN Jabung Blitar
ENGLISH:
One of indicator and measurement of students’ success in learning process is the result of study. The result of study is the ability or skill owned by the students after the students follow learning activities. One external factor that influences the result of study is the availability learning media that easy for people to study about learning material, so that it will give the better learning. The effective of using learning media will influence the result study of the students.
The purpose of this study is to know the frequent of using ICT learning media in social learning process of VIII class in MTsN Jabung Blitar, the students’ result of study in social object of VIII class in MTsN Jabung Blitar, and the influence of using ICT learning media on students’ result of study.
This study uses a quantitative research for the research design with associative research (co relational) that is relation of cause effect research (causal co relation).
The results of this research show: 1) the frequent of using ICT learning media in social learning process of VIII class in MTsN Jabung Blitar can be said as high. The kinds of ICT learning media that often used by the teachers are LCD, laptop/computer, movie/video, learning application and internet., while the other of the media above is never done by the social class teacher. 2) The achievement of students’ result of the study on social object of VIII class in MTsN Jabung Blitar shows good. It is proven by very good categories of 16 students with 87-100 score in 151 students as the sample, good categories have 72 students from 151 students, for middle categories have 63 students with 75-80 score from 151 students, and the low categories is zero students with 69-74from 151 students. 3) From the result of trial hypothesis with partial test (t test) and simultaneous (F test) show that there is positive and significant effect between using ICT learning media on students’ result of study of social learning in VIII class in MTsN Jabung Blitar. The last, the using of ICT learning media gives the contribution as many as 28,8% for student’s result of the study in social object of VIII class in MTsN Jabung Blitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubaligh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran Berbasis ICT; Hasil Belajar; ICT Learning Media; The Result of Study | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Viki Alvionita Dwiningrum | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2016 13:50 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2016 13:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4074 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |