Muniroh, Rohmatul (2014) Penerapan metode Make a Match dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran sejarah di MTs Muhammadiyah 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09130039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses kegiatan pembelajaran masih sering ditemukan kurangnya keterlibatan siswa masih, peran guru yang dominan menyebabkan kecenderungan siswa menjadi pasif sehingga mereka lebih banyak menunggu apa yang diberikan oleh oleh guru dari pada mencari dan menemukan sendiri materi atau sikap apa yang mereka butuhkan. Di MTs Muhammadiyah 2 Malang khususnya pada kelas VIII sampai saat ini dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran sejarah masih disampaikan dengan metode ceramah sebagai metode yang lebih cenderung diterapkan dari pada metode yang lain, sedangkan siswa hanya mendengarkan guru dan mencatat apa yang dianggap perlu sehingga mereka kurang mendapatkan kesempatan untuk mengungkapkan pendapatnya terhadap materi yang di ajarkan. Berdasarkan hal tersebut bayak metode pembelajaran aktif yang diwarkan salah satunya yakni metode Make A Match, dengan penerapan metode Make A Match ini siswa diajak untuk ikut berperan aktif dalam melaksanakan pembelajaran, karena didalam metode ini terdapat metode dan teknik yang dapat menciptakan suasana belajar menjadi efektif, efisien, dan menyenangkan.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan metode Make A Match dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di MTs Muhammadiyah 2 Malang, (2) untuk mendeskripsikan penerapan metode Make A Match sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di MTs Muhammadiyah 2 Malang, (3) untuk mendipsikan penilaian penerapan metode Make A Match sehingga dapa meningkatakan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di MTs Muhammadiyah 2 Malang.
Metode penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun urutan kegiatan penelitian ini dengan menggunakan 2 siklus ini meliputi : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan pada setiap siklusnya mulai dari dari siklus I sebesar 57,2% meningkat pada siklus II menjadi 63,2 dan pada siklus III meningkat menjadi 76,8. Dari prosentase tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Make A Match dapat meingkatkan motivasi dan presatasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran sejarah di MTs Muhammadiyah 2
Malang.
ABSTRACT
In the process of learning is still often found a lack of student engagement still, the dominant role of teachers leads to the tendency of students so that they become more passive waiting for what is given by the teachers of the seek and find their own attitudes material or what they need. At MTs Muhammadiyah 2 Malang especially in eighth grade to date in the implementation of learning the history of the subjects was presented with the lecture method as a method that is more likely to apply than other methods, while the students only listen to the teacher and take note of what is considered necessary so that they are less get a chance to express their opinions on the material taught. Based on this stout active learning methods offered one of them is a method Make A Match, with the application of this method Make A Match students are encouraged to take an active role in implementing the learning, because in this method there are methods and techniques that can make learning to be effective, efficient, and fun.
The purpose of this study was (1) to describe the method of planning Make A Match in increasing motivation and student achievement in the subjects of history at MTs Muhammadiyah 2 Malang, (2) to describe the application of the method Make A Match thereby increasing motivation and student achievement on the subjects of history at MTs Muhammadiyah 2 Malang, (3) the application of a method for assessment mendipsikan Make A Match thus to greater motivation and student achievement in the subjects of history at MTs Muhammadiyah 2 Malang.
Methods of research by the author was a qualitative descriptive study classroom action research (CAR). The sequence of this research activity by using 2 cycles include: (1) planning, (2) implementation, (3) Observation, (4) reflection. Data collection techniques using the method of observation, interviews, and documentation.
The results showed that the method could improve the Make A Match motivation and student achievement in the subjects of history, it can be seen from the increase in each cycle starting from the first cycle of 57.2% rising to 63.2 in the second cycle and the third cycle increased to 76.8. From these percentages can be concluded that the application of the method to boost the Make A Match presatasi learning motivation and eighth grade students in the subjects of history at MTs Muhammadiyah 2 Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Make A Match; Motivasi dan Prestasi Belajar; Sejarah; Make A Match Method; Motivation and Learning Achievement; History. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:45 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39949 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |