Zaenullah, Zaenullah (2013) Implementasi pendidikan akhlak melalui kitab Washaya Al-Abaa'lil Abnaa' karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Sabilurrasyad Gasek Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan akhlak merupakan suatu proses mendidik, memelihara, membentuk, dan memberikan latihan mengenai akhlak dan kecerdasan berpikir baik yang bersifat formal maupun informal yang didasarkan pada ajaran-ajaran Islam. Pada sistem pendidikan Islam ini khusus memberikan pendidikan tentang akhlaq al-karimah agar dapat mencerminkan kepribadian seorang muslim. Kehidupan remaja saat ini sangat memprihatinkan karena mereka sering dihadapkan pada berbagai masalah yang amat kompleks yang sangat perlu untuk lebih diperhatikan lagi. Salah satu masalah tersebut adalah semakin menurunnya tatakrama kehidupan sosial dan etika moral remaja dalam praktik kehidupan. Maka untuk menumbuhkan diperlukan pembiasaan secara kontinyu melalui bimbingan dan pendidikan akhlak. Berangkat dari latar belakang di atas, maka penulis ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul: “Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Kitab Washaya Al-Abaa‟ lil Abnaa‟ Karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Sabilurrasyad Gasek Malang.”
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui metode pembelajaran kitab Washaya Al-Abaa‟ lil Abnaa‟ di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Sabilurrosyad, dan implementasi pendidikan akhlaknya melalui kitab Washaya Al-Abaa‟ lil Abnaa‟.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi.
Hasil penelitiannya adalah bahwasannya pembelajaran kitab Washaya Al- Abaa‟ lil Abnaa‟ di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Sabilurrasyad ini dilakukan dengan metode sorogan, bandongan/wetonan, dan musyawarah/mudzakaroh yang dilakukan dengan teknis nasehat, uswah (teladan), cerita, dan hiwar. Dan implementasi pendidikan akhlaknya diantaranya adalah kewajiban shalat berjama‟ah tepat waktu, bershalawat atas Nabi SAW dengan membaca maulid diba‟ (siroh nabawiyyah), membangun kepercayaan, kebersamaan, kepedulian antar teman dan rasa ukhuwah islamiyah yang tinggi, membangun sifat jujur, mengikuti pengajian dengan tenang dan penuh perhatian, dan ikhlas dalam segala perbuatan.
ABSTRACT
Moral education is a process of educating, nurturing, shaping, and provide training regarding the morality and intelligence in the terms of formal and informal, based on the teachings of Islam. On this Islamic education system, it provides the morality of al-karimah order to reflect the personality of a Muslim. Teens live today are concerning because they are often faced with very complex problems which desperately need to be considered. One of the problems is the decline in social manners and moral ethics in the practice of teenage life. Then it is necessary for habituation to continuously grow through the guidance and moral education. Starting from the background, the author would like to discuss the thesis with the title: "Implementation of Moral Education Through the Book of Washaya Al-Abaa' lil Abnaa' Presented by Syaikh Muhammad Syakir Al- Iskandari in Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Sabilurrasyad Gasek Malang."
The purpose of this study is to know the learning method of Washaya Al- Abaa 'lil Abnaa' in Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Sabilurrasyad, and implementation of moral education through the book of Washaya Al-Abaa' lil Abnaa'.
This research is descriptive qualitative research. In the course of collecting data, the writer used observation, interviews, and documentation. As for the analysis, the writer use descriptive qualitative analysis techniques. Than checking the validity of the data using triangulation.
The results of this research are learning of Washaya Al-Abaa' lil Abnaa' in Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Sabilurrasyad is done with the method sorogan, bandongan/wetonan, and consultation/technical mudzakaroh undertaken with advice, uswah (example), the story, and Hiwar. Implementation of such moral education is obligatory prayers on time in congregation, shalawat the Prophet's birthday by reading diba‟ (siroh Nabawiyyah), build trust, togetherness, caring friends and a sense of brotherhood among high Islamiyah, honest nature of the building, followed by the recitation quiet and attentive, and sincere in all his works.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Akhlak; Kitab Washaya; Pesantren; Moral Education; Washaya Book; Pesantren | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:52 | ||||||
Last Modified: | 19 Jun 2023 14:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39699 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |