Fatmawatik, Irma (2013) Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam pembentukan kepribadian anak didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110154.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Aqidah Akhlak pada anak didik di sekolah memiliki peranan sangat penting dalam pembentukan kepribadian anak didik, karena pada usia dini lebih mudah untuk diluruskan, diperbaiki, atau dibentuk. Keberadaan Aqidah Akhlak sudah menjadi keharusan bagi umat, khususnya untuk lembaga dalam proses mengajar tidak dapat dipindahkan dari kehidupan umat Islam dimana dan kapan saja. Anak didik sebagai penerus bangsa perlu mendapat bekal yang cukup, lengkap dan seimbang baik dalam bidang umum maupun bidang agama. Jika hanya fokus pada pelajaran umum saja maka tidak imbang, sehingga terjadi penyimpangan perilaku pada anak didik, seperti pencurian, perjudian, perkelahian, seks bebas, pemakaian narkoba,dll. Keberadaan pembelajaran Aqidah Akhlak diharapkan dapat merubah kondisi dan situasi tersebut, dengan menjadikan anak didik berbudi pekerti, bertingkah laku baik sehingga terbentuk kepribadian yang baik dalam diri anak didik tersebut.
Berdasarkan paparan diatas adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu:(1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Kota Madiun,(2) Mendeskripsikan upaya guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan kepribadian anak didik kelas VII di MTsN Kota Madiun,(3) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembelajaran Aqidah Akhlak dalam pembentukan kepribadian anak didik kelas VII di MTsN Kota Madiun.
Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif deskriptif.Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru agama, dan anak didik. Untuk mengumpulkan data,peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan.
Hasil penelitian ini yaitu:(1) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak dalam pembentukan kepribadian anak didik di MTsN Kota Madiun melalui kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler,(2) Upaya guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan kepribadian anak didik kelas VII di MTsN Kota Madiun dengan berpedoman pada visi dan misi MTsN Kota Madiun, mengembangkan nilai-nilai kegamaan, dan pembiasaan berperilaku baik,(3) Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak yaitu diri sendiri (siswa), media elektronik atau media cetak, dan pergaulan di luar madrasah. Faktor pendukungnya yaitu adanya peraturan madrasah, kerjasama dari semua pihak, dan peran orang tua.
ABSTRACT
Learning of Aqeedah Moral in on students at the school have a very important role in shaping the personality of the students, because at an early age is easier to be straightened, repaired, or molded. Existence of aqeedah moral has become imperative for people, especially for institutions in the teaching process can not be removed from the lives of Muslims anywhere and anytime.As the nation's next protégé need to get enough stock, complete and balanced both in the field of general and religious matters. If you only focus on general studies course it is not a draw, resulting in deviant behavior in students, such as theft, gambling, fights, casual sex, drug use, etc..The existence of learning Aqidah Morals are expected to change the situation and conditions, with students making virtuous character, behaving well, forming a good personality within the students
Based on the above explanation as for the goal to be achieved, namely: (1) to describe the implementation of learning Aqeedah Morals in MTsN Madiun, (2) to describe the efforts of teachers in shaping personality Aqeedah Morals class VII students in MTsN City of Madiun, (3) Knowing the factors inhibiting and Morals of Aqeedah learning support in the formation of the personality of the students of class VII in MTsN Madiun.
The research method used is descriptive qualitative. Data sources of this study is the principal, religious teachers, and students. To gather data, researchers used the method of observation, interviews, and documentation. Researchers to analyze data using descriptive data analysis technique that aims to describe the situation.
The results of this study are: (1) The learning of Aqeedah Morals in the formation of personality of the students in Madiun MTsN through intrakulikuler and extracurricular activities, (2) teachers' efforts in forming personality Aqeedah Morals students in class VII Madiun MTsN guided by the vision and Madiun MTsN mission, develop kegamaan values, and well-behaved habituation, (3) factors inhibiting the implementation of learning of Aqeedah Morals the self (student) (student), electronic media or print media, and socially outside the madrassa. Factors supporting the existence of Islamic rule, the cooperation of all
parties, and the role of parents.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Aqidah Akhlak; Kepribadian Anak Didik; Learning of Aqeedah Moral; Personality in Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2022 09:38 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2022 09:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39638 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |