Sulaimah, Sulaimah (2013) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP NU Hasyim Asy’ari Kotalama Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pada dasarnya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam dunia sekolah ditujukan untuk menggali dan memotivasi siswa dalam bidang tertentu yang berkaitan dengan agama. Dalam hal ini kegiatan ekstrakurikuler keagamaan bertujuan untuk membantu dan meningkatkan pengembangan wawasan anak didik khususnya dalam bidang pendidikan agama Islam.
Sebagian pendidik barat memandang bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan sarana langsung dalam proses belajar mengajar sehingga mereka memasukkannya dalam materi kurikulum yang akan diajarkan. Biasanya, kegiatan ekstrakurikuler disusun bersamaan dengan penyusunan kisi-kisi kurikulum dan materi pelajaran. Itu artinya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelajaran sekolah dan kelulusan siswapun dipengaruhi oleh aktivitasnya dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1). Mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP NU Hasyim Asy’ari Kotalama Malang, (2). Mengetahui bagaimana kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP NU Hasyim Asy’ari Kotalama Malang (3). Mengetahui faktor pendukung dan penghambat
dalam pelaksanaaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif-Kualitatif. Sedangkan untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data yang meliputi metode observasi, interview, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui narasumber kemudian dianalisis dengan mengunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP NU Hasyim Asy’ari ada dua yaitu Al-Qur’an dan Al-banjari. Ekstrakurikuler Al-Qur’an diadakan di jam pelajaran. Sedangkan untuk Al-banjari diadakan ketika akan ada peringatan hari besar Islam dan anggotanya diseleksi terlebih dahulu. (2) kegiatan ekstrakurikuler keagamaan ini dinilai dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa karena mereka memahami dan menerapkan apa yang disampaikan pembina maupun guru dalam kehidupan mereka sehari-hari. (3) Faktor Pendukung yaitu: adanya kerjasama antara guru dan pembina, adanya bantuan dari pemerintah, siswa antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan faktor penghambat yaitu: bantuan yang diterima dari pemerintah kurang mencukupi untuk merealisasikan program secara optimal, sarana atau fasilitas yang kurang memadai, anggaran pendukung dari sekolah terlalu minim apalagi semenjak diumumkan sebagai sekolah gratis.
ABSTRACT
Basically, religious extracurricular activity in the school is showed to explore and motivate the students in particular field which relate with a religion. In this case, the religious extracurricular activity aims to help and increase the development of students’ insight especially in Islamic religious education field.
Some of western teachers look that extracurricular is a direct medium in the teaching learning process therefore they can include it in the curriculum material which will be learned. Basically, extracurricular activity is arranged together with the arrangement of curriculum gratings and subject. It means that extracurricular is a part of school lesson and the students’ graduation is also influenced by their activity in that extracurricular.
The objectives of this study are; (1) To know how is the implementation of religious extracurricular activity in junior high school NU Hasyim Asy’ari Kotalama Malang, (2) To know how is the religious extracurricular activity able to increase the students’ spiritual intelligence in junior high school NU Hasyim Asy’ari kotalama Malang, (3) To know the supporting factors and the obstacles of the implementation of religious extracurricular activity.
This study uses descriptive qualitative approach. While in obtaining the data, the researcher uses the methods of observation, interview and documentation. The collected data then analyzed by using data reduction, data display, and drawing the conclusion.
The result of this study is showed that: (1) the implementation of religious extracurricular in junior high school NU Hasyim Asy’ari are Al-Qur’an and Al- bajari. Al-Qur’an extracurricular is done on the lesson time. While Al-banjari done when there is an Islamic event and the member are selected. (2) This religious extracurricular implementation can improve the students’ spiritual intelligence since they will understand and implement what is stated by the coach or teacher in their daily life. (3) the supporting factors are: the existence of cooperation between teacher and coach, the existence of government help, students’ enthusiastic in joining this activity and the cumberer factors are the help that is achieved from the government is not enough to realize the program optimally, the facility that not enough, the minimum budget which is given from the school, moreover after free school is announced.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Rahmawati | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan; Kecerdasan Spiritual; Religious Extracurricular Activity; Spiritual Intelligence | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:51 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39628 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |