Azizah, Khusniatul (2013) Pemanfaatan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih bagi siswa kelas X-H di MAN Bangil. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110208.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Media merupakan perantara dan penyampai yang dapat mempermudah cara proses pembelajaran. Dalam usaha meningkatkan motivasi belajar siswa, guru berusaha mencari solusi untuk berjalannya suatu pembelajaran dalam mempelajari materi pelajaran di kelas. Pelajaran fiqih merupakan salah satu mata pelajaran yang banyak praktek, karena langsung berkenaan dengan kehidupan sehari-hari dan terjun dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu usaha yang dilakukan oleh guru adalah melalui pendekatan dengan psikis mereka untuk memulai pelajaran dan membuat mereka semangat dan menyemarakkan suasana belajar, sehingga dapat terciptanya motivasi belajar siswa. Pendekatan semacam inilah yang dapat menghubungkan dengan situasi kelas sehingga mendorong siswa untuk dapat belajar dengan kondisi yang mendukung dan tidak terpaksa.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang ingin dibahas yaitu bagaimana pemanfaatan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-H pada mata pelajaran fiqih di MAN Bangil serta apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-H di MAN Bangil.
Penelitian terhadap pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan pelaksanaan media audio visual dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat serta usaha apa saja yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat pelaksanaan penggunaan media audio visual di MAN Bangil khususnya di kelas X-H pada mata pelajaran fiqih. Dengan tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Analisa kualitatif deskriptif merupakan alat analisa untuk menggambarkan bagaimana objek penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa siswa MAN Bangil khususnya kelas X-H sangat antusias dalam belajar serta motivasi mereka sangat tinggi, hal tersebut terlihat pada saat pembelajaran berlangsung di kelas. Namun dalam pelaksanaan penggunaan media audio visual terdapat beberapa faktor penghambat yaitu fasilitas yang masih rusak yang belum diperbaiki tetapi pihak sekolah sudah sudah mengusahakan. Sedangkan faktor pendukungnya ialah motivasi dari siswa, guru di kelas, serta media yang membantu pemahaman siswa.
ABSTRACT
Media are intermediaries that can facilitate and convey how the learning process. In effort to increase student learnong motivation, teacher trying to find a solution for the passage of a lesson in learning the course material in the classroom. The lessons of fiqh is one of those subjects which many practices, because it directly relating to daily life and engage in the life of society. One of the efforts made by teachers is through their psychological approach to start lessons and make them spirit and brighten learning atmosphere, so that it can create student learning motivation. This kind of approach that can connect with the classroom situation, so as to encourage students to be able learn with the conditions that support and not forced.
Based on the above background, the problems to be discussed is how the utilization of audio-visual media in increases student learnong motivation grade X-H on the subjects of fiqh in MAN Bangil, and what the enabling and inhibiting factors in increasing student learnong motivation in the grade X-H MAN Bangil.
Research on the the utilization of audio-visual media which aims to increase student learnong motivation is intended to describe the implementation of audiovisual media and what the enabling and inhibiting factors well as what the attempt is being made to overcome the inhibiting factor of implementing the use of audio-visual media in MAN Bangil particularly in class X- H on the subjects of fiqh. By this purpose, this research included research - qualitative, descriptive qualitative analysis is an analytical tool to describe how the research object.
Based on the results of research, indicate that students of MAN Bangil particularly grade XH is very enthusiastic in learning and their motivation is very high, it is visible when the learning takes place in the classroom. However, in the implementation of the use of audio-visual media, there are several inhibiting factors that is damaged facility which is not fixed, but the school has been put forth. While supporting factors is the motivation of student, the teacher in the classroom, and the media that support student understanding.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Audio Visual; Motivasi Belajar; Mata Pelajaran Fiqih; Audio Visual Media; Learning Motivation; Fiqh Lesson | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:30 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39545 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |