Wulandari, Fitri (2013) Optimalisasi kompetensi kepemimpinan guru Aqidah Akhlak dalam membina akhlak baik peserta didik di MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110228.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Guru aqidah akhlak mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat besar di sekolah, yakni bagaimana membina dan mendidik peserta didik melalui pendidikan agama Islam agar dapat membina akhlak dan dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Keoptimalan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan kompetensi kepemimpinan sangat diperlukan oleh peserta didik, karena kepemimpinan guru aqidah akhlak dalam dunia pendidikan adalah prioritas. Untuk melaksanakan tugas kepemimpinannya dalam meningkatkan proses belajar mengajar, guru aqidah akhlak menempati kedudukan sebagai figur sentral. Pada gurulah terletak kemungkinan berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan belajar mengajar di sekolah. Kepada mereka pulalah bergantung masa depan karier para peserta didik yang menjadi tumpuan para orang tuanya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana optimalisasi kompetensi kepemimpinan guru aqidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik di MAN 1 Jember, dan 2) bagaimana aplikasi kompetensi kepemimpinan guru aqidah akhalak dalam membina akhlak peserta didik di MAN I Jember.
Metode yang dipakai dalam peneliti adalah termasuk metode deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulkan data, penulis melakukan beberapa prosedur seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Analisis ini bertujuan untuk menentukan dan menafsirkan serta menguraikan data-data yang tertulis atau lisan dari orang serta perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis tentang pembinaan akhlak peserta didik yang dilakukan oleh guru aqidah akhlak di MAN 1 Jember mempunyai beberapa kegiatan di antaranya, sebelum pelajaran dimulai dan sesudah pelajaran selesai, peserta didik wajib membaca do’a dan membaca ayat- ayat suci Al-Qur’an. Selain itu terdapat kegiatan-kegiatan lainnya, seperti halnya membiasakan sholat dhuhur berjama’ah, melakukan sholat dhuhah, saling menyapa antar teman dan guru. Kebiasaan-kebiasan seperti itulah yang dapat diajarkan oleh guru aqidah akhlak dan akan menjadi tradisi dalam lingkungan MAN 1 Jember, yang lama-kelamaan akan terbentuk suatu budaya ahklak baik di lingkungan MAN 1 Jember dan akan dapat melekat pada peserta didik maupun lingkungannya. Dengan cara pembiasaan tersebut guru aqidah akhlak akan lebih mudah dalam membina ahklak peserta didik.
ABSTRACT
Aqidah teacher has duty and responsibility which is very great in school, namely, how to foster and educate students through Islamic education in order to foster good character and it can be applied in everyday life. The optimal of Aqidah teacher in improving leadership competencies are needed by the students, because teachers' Aqidah leadership in education part is a priority. To carry out the task of leadership in improving teaching and learning, Aqidah teacher places them as a position in a central figure. The possibility of success or failure of goal achievement and learning in schools is decided by teacher. Students’ careers are depending on teacher. It is a big hope which comes from their parents.
The research questions in this study are. 1) How is the optimal of leadership competencies of Aqidah teacher in fostering students’ moral character in MAN 1 Jember, 2) How is the application of leadership competencies of Aqidah teacher in fostering students’ moral character in MAN I Jember.
The research methodology used in this research is descriptive qualitative methods. For data collection, the researcher uses some procedures such as observation, interviews, and documentation. Then for data analysis, the researcher uses descriptive qualitative analysis techniques. This analysis aims to determine and interpret and decipher the data which are written or spoken taken from observed behavior. Thus, in this case the researcher seeks to undertake research which describes the overall nature of the actual situation.
The research result which is done by the researcher about moral development of students which is conducted by Aqidah teacher in MAN 1 Jember has several activities. Those are; before class and after class is completed, students must read prayers and read verses from AL Quran. In addition there are other activities, such as familiarize praying dhuhur together, doing dhuhah praying, greet each other between friends and teachers. These activities as explained before can be taught by aqidah teacher and it becomes a tradition around MAN 1 Jember, which will eventually form a good culture in MAN 1 Jember and it will be attached to the students and their environment. By those ways of customizing the activities, the Aqidah teacher will easier develop moral students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sudiyono, Sudiyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi kepemimpinan guru; Pembinaan akhlak; Leadership competence of teacher; moral guidance. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:28 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39522 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |